Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:48 WIB | Sabtu, 21 Mei 2022

24 Tahun Penjara untuk Pria Pemicu Kebakaran dan Kematian Burung Condor

Petugas pemadam kebakaran memantau kebakaran yang terkendali di sepanjang Jalan Nacimiento-Fergusson untuk membantu mengatasi Kebakaran Dolan di dekat Big Sur, California, Jumat, 11 September 2020 (Foto: dok. AP/Nic Coury)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria yang memicu kebakaran hutan tahun 2020 yang menewaskan 12 burung condor California yang terancam punah, dan melukai seorang petugas pemadam kebakaran dijatuhi hukuman 24 tahun penjara, kata jaksa.

Ivan Gomez, 31 tahun, hari Rabu (18/5) dijatuhi hukuman oleh hakim Monterey County karena membakar Big Sur Dolan saat menanam ganja secara ilegal di Hutan Nasional Los Padres, kata kantor kejaksaan distrik mengumumkan.

Api memercik dan menjalar pada 18 Agustus 2020, di pantai tengah barat laut Los Angeles. Ini menghancurkan 10 rumah dan suaka burung condor seluas 80 acre (32 hektare) di Big Sur. Kawasan itu sejak 1997 telah digunakan untuk melepaskan condor hasil penangkaran ke alam liar. Tidak ada burung condor di fasilitas itu pada saat itu, tetapi selusin burung mati ketika api menyebar di hutan seluas 125.000 hektare (506 kilometer persegi).

Gomez ditangkap setelah petugas taman negara melihat api dan menerima laporan tentang seorang pria melemparkan batu ke mobil di jalan raya, kata pihak berwenang.

Gomez, yang bertelanjang dada dan berkeringat, mengaku menyalakan api dan membawa beberapa korek api yang cocok dengan yang ditemukan di tempat api menyala, kata kantor kejaksaan.

Kebakaran itu hampir merenggut nyawa 14 petugas pemadam kebakaran yang berusaha mempertahankan stasiun pemadam kebakaran mereka, tetapi diserbu oleh api dan harus mengerahkan tempat penampungan darurat, menurut sebuah laporan tahun ini oleh Wildland Fire Lessons Learned Center, yang mempromosikan keselamatan petugas pemadam kebakaran.

Tiga petugas dirawat di rumah sakit dengan luka bakar dan menghirup asap, termasuk seorang kapten pemadam kebakaran yang terluka parah. Api akhirnya dapat dipadamkan pada 31 Desember 2020.

Gomez dihukum karena 16 tuduhan kejahatan, termasuk pembakaran, melempar batu ke kendaraan dan 11 tuduhan kekejaman terhadap hewan yang melibatkan kematian burung condor.

Burung condor California adalah burung darat Amerika Utara terbesar, dengan lebar sayap hingga sembilan kaki (sekitar 2,7 meter).

Pada awal 1980-an, semua, 22 condor yang tersisa di alam liar terperangkap dan dibawa ke dalam program penangkaran yang mulai melepaskan burung nasar raksasa ke Hutan Nasional Los Padres California Selatan pada tahun 1992.

Kawanan itu telah memperluas jangkauannya sementara burung condor lainnya sekarang menempati bagian Central Coast California, Arizona, Utah dan Baja California, Meksiko. Saat ini ada lebih dari 500 individu burung yang dikenal, baik di penangkaran maupun di alam liar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home