Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 11:02 WIB | Jumat, 04 Juli 2014

30 Persen Makanan Terbuang Sia-sia

Ilustrasi makanan. (Foto: dok. satuharapan.com)

SATUHARAPAN.COM – “Jika makanan semahal harga Ferrari, kita akan memolesnya dan menjaganya.  Namun, kita telah menyia-nyiakan makanan dalam jumlah yang mengejutkan.”

Begitulah kata Profesor Per Pinstrup-Andersen, kepala panel independen ahli saat menasihati Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) tentang cara untuk mengatasi masalah itu.

Sekitar 40 persen semua makanan yang diproduksi di Amerika Serikat tidak pernah dimakan. Di Eropa, kita membuang 100 juta ton makanan setiap tahun.  Namun ada satu miliar orang kelaparan di dunia.

Tebakan terbaik FAO adalah bahwa sepertiga dari seluruh makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia hilang atau terbuang sebelum dimakan.

Laporan terbaru Prof Pinstrup-Andersen, yang dirilis minggu ini, menyimpulkan bahwa limbah makanan terjadi karena berbagai alasan yang berbeda di berbagai belahan dunia, maka solusinya  harus bersifat lokal.

Misalnya, Chris Pawelski, seorang petani bawang generasi keempat dari Amerika Serikat. Pawelski telah menghabiskan berbulan-bulan menumbuhkan bawang dalam, tanah subur di Orange County, New York, tetapi supermarket yang menjual produknya hanya akan menerima bawang berdasarkan ukuran dan penampilan tertentu.

“Jika cuaca terlalu basah atau terlalu kering, bawang tidak akan mencapai ukuran diameter lima centimeter yang diperlukan,” katanya.

“Mungkin ada ketidaksempurnaan dan ada goresan. Tidak ada yang salah dengan bawang itu. Tidak apa-apa untuk makan. Tapi konsumen, berdasarkan informasi dari rantai toko retail, tidak ingin hal itu terjadi pada bawang.”

Di masa lalu, bawang yang ditolak supermarket akan dikirim dibuang di tempat sampah. Sekarang, Pawelski bekerja dengan lembaga amal makanan lokal, City Harvest, untuk mendistribusikan bawang yang tidak tampak sempurna, tetapi masih layak makan.

City Harvest mengatakan pada 2014 itu akan menyelamatkan  sekitar 21 juta kilogram makanan dari lokal petani, restoran, pedagang dan produsen dalam program redistribusi urban food.

Di negara-negara kaya, supermarket, konsumen dan industri katering harus bertanggung jawab untuk sebagian besar makanan terbuang. Tapi,  supermarket harus ditekan agar mau melakukannya.

Zero Landfill

Jaringan supermarket Waitrose di Inggris sedang mengurangi limbah makanan di semua bagian bisnisnya. Jaringan toko kelontong kelas atas tersebut memotong harga dalam rangka untuk menjual barang yang hampir dibuang, menyumbangkan sisa untuk amal dan mengirim limbah makanan lain untuk pembangkit listrik bio-tanaman. Idenya, Waitrose ingin mendapatkan status “zero landfill”.

Tapi kemudian ada konsumen seperti Tara Sherbrooke. Ibu yang bekerja dari dua anak muda, dia bekerja keras untuk menghindari membuang-buang makanan tapi masih menemukan dirinya melemparkan beberapa di antaranya.

“Saya mungkin buang sekitar £ 20 (Rp 300.000) makanan setiap minggu,” katanya. “Biasanya paket yang setengah dimakan dari makanan melewati batas kedaluwarsa.”

Di Inggris, penelitian telah menunjukkan bahwa rumah tangga membuang sekitar tujuh juta ton makanan per tahun, padahal lebih dari setengahnya masih baik untuk makan.

Sebagian dari masalah adalah kebiasaan belanja, tapi kebingungan banyak konsumen dengan label makanan sebagai faktor. Juga, seperti Prof Pinstrup-Andersen menunjukkan, makanan bagi orang di negara-negara kaya hanya proporsi yang relatif kecil dari pendapatan mereka dan sehingga dengan mudah makanan tersebut dibuang.

Suhu

Di negara berkembang, masalahnya adalah salah satu tidak kekayaan tetapi kemiskinan.

Di India, begitu suhu udara melonjak buah dan sayuran India tidak bisa  tetap segar pada waktu lama di pasar. Delhi adalah kota di Asia yang punya pasar terbesar makanan dan memang memiliki fasilitas penyimpanan dengan pendinginan.

Tapi, itu tidak cukup besar dan makanan yang tersisa tetap membusuk di tumpukan. Tidak ada investasi yang cukup dalam teknik pertanian yang lebih baik, transportasi, dan penyimpanan. Ini berarti penghasilan yang hilang bagi petani kecil dan harga yang lebih tinggi bagi konsumen miskin.

Dalam hal kalori, petani memanen setara dengan 4.600 kalori per orang per hari. Tapi rata-rata hanya 2.000 dari kalori yang benar-benar dimakan setiap hari—yang berarti lebih dari setengah kalori yang kami hasilkan hilang dalam perjalanan mereka dari pertanian ke garpu makan malam.

Ada cukup makanan untuk semua orang, hanya banyak inefisiensi, laporan FAO menyimpulkan.

Dampak lingkungan dari semua makanan yang terbuang ini sangat besar. Jumlah lahan yang dibutuhkan untuk tumbuh semua makanan yang terbuang di dunia setiap tahun seukuran luas Meksiko.

Air yang digunakan untuk mengairi tanaman terbuang akan cukup untuk kebutuhan sehari-hari dari sembilan juta orang. Dan produksi terbuang memberikan kontribusi 10% terhadap emisi gas rumah kaca dari negara-negara maju.

Pengolahan Air Limbah Pabrik Newtown Creek di Brooklyn, New York, adalah salah satu proyek mencoba untuk membalikkan kerusakan lingkungan. Pengolahan itu mengambil sisa-sisa makanan dari sekolah-sekolah lokal dan restoran dan mengubahnya menjadi energi. Di dalam menara, sisa makanan tersebut dicampur dengan lumpur limbah untuk membuat gas yang dapat digunakan.

Program percontohan ini sangat tepat waktu. Restoran di New York City akan diminta untuk menghentikan pengiriman limbah makanan ke tempat pembuangan sampah pada 2015 dan harus beralih ke operasi seperti ini sebagai alternatif.

Jadi sedang ada kemajuan. Makanan sampah yang tinggi pada agenda politik dan lingkungan.

Tapi masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Seperti Prof Pinstrup-Andersen mengakui: “Kami tidak benar-benar tahu berapa banyak makanan yang terbuang, hanya kami tahu itu banyak.” (bbc.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home