Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:13 WIB | Senin, 16 November 2015

350 Juta Orang menderita Diabetes

WHO: Tahun 2030 Diabetes Menjadi Penyebab Kematian Utama Ketujuh Dunia.
Pemeriksaan gula darah. (Foto: un.org)

SATUHARAPAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) peringatan bahwa diabetes akan menjadi penyakit penyebab kematian terbesar ketujuh pada tahun 2030. Sekarang ini diperkirakan sekitar 350 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes.

Sekteraris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mengatkan perlunya mengambil langkah membangun hidup sehat, dan pemerintah menciptakan kondisi untuk mecegahnya. "Mari kita semua melangkah untuk membatasi dampak dari diabetes," kata Ban dpada Peringatan Hari Diabetes Dunia, Sabtu (14/11).

Diabetes ternasuk penyakit kronis yang terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan insulin secara cukup atau ketika tidak dapat secara efektif menggunakan insulin itu yang diperlukan untuk membantu memetabolisme tubuh terhadap asupan gula yang terbentuk dari makanan yang kita makan .

"Ada banyak hal yang kita semua dapat Anda lakukan,’’ kata Ban. "Siapa saja yang dapat berdiri janganlah hanya duduk, berjalan lebih banyak setiap hari, dan secara umumnya jadilah lebih aktif.’’

Ulang tahun WHO pada 7 April juga memberi fokus pada masalah diabetes. Beberapa tindakan dapat dilakukan untuk mengurangi dampak diabetes adalah mengadopsi gaya hidup sehat, yaitu lebih banyak aktivitas fisik dan diet yang sehat.

Selain itu WHO mendorong  pemerintah membatasi pemasaran makanan yang tidak sehat , dan memastikan sistem kesehatan menyediakan layanan yang diperlukan untuk merawat orang yang hidup dengan diabetes.

Pada tahun 2012, diabetes merupakan penyebab langsung sekitar 1,5 juta kematian. Sebanyak 80 persen kasus itu ada di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. WHO memproyeksikan diabetes akan menjadi penyebab utama ketujuh kematian pada tahun 2030.

Ada dua jenis diabetes. Tipe 1 adalah orang dengan diabetes yang tidak bisa memproduksi sendiri insulin, dan karenanya memerlukan suntikan insulin untuk bertahan hidup. Tipe 2, ini merupakan 90 persen penderita,  adalah orang dengan diabete yang biasanya memproduksi insulin sendiri, tetapi tidak cukup. Orang dengan diabetes tipe 2 biasanya kelebihan berat badan.

"Namun demikian dampak diabetes dapat diminimalkan," kata WHO. Hari Diabeset Dunia ini diperingati untuk menandai ulang tahun Frederick Banting. Dia bersama Charles Best, berperan dalam penemuan insulin pada tahun 1922, pengobatan yang menyelamatkan banyak jiwa penderita diabetes.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home