Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 10:04 WIB | Selasa, 03 September 2013

64 Tahun Tidak Terlalu Tua Untuk Berenang dari Havana ke Florida

Diana Nyad, setelah mencapai Pantai Florida. (Foto: dari dw.de)

FLORIDA, SATUHARPAN.COM – Seorang Perempuan asal Amerika Serikat, Diana Nyad, menjadi orang pertama yang berenang dari Kuba ke Florida tanpa perlindungan dari kemungkinan serangan hiu.

Perempuan  berusia 64 tahun itu berenang sejauh  170 kilometer (atau 105 mil) hanya dalam waktu 53 jam. Kali ini adalah upayanya yang kelima.

Nyad disambut warga masyarakat dan wartawan hari Senin (2/8) saat mendekati pantai dekat Key West, Florida sebelum pukul 2:00 waktu setempat (14.00 GMT).

Dia memulai perjalanan renangnya di Havana pada hari Sabtu, berenang 53 jam di Selat Florida dengan kapal tim pendukung yang mengikutinya. Semalam dia alami dingin yang ekstrim. Tim dokternya mengatakan bahwa bibir dan lidahnya bengkak, sehingga bicaranya cadel, katanya hari Senin.

Bukan Soliter, Tetapi Tim

Upayanya berenang dari Kuba Ke Florida membawa tiga pesan: “Kita seharusnya tidak pernah menyerah,  Anda tidak pernah terlalu tua untuk mengejar impian Anda, dan, olah raga sepertinya kegiatan soliter, tetapi sebenarnya tim."  Pesan itu dia sampaikan setelah mencapai pantai Florida.

Selama perjalanan Nyad terkadang mengenakan baju renang seluruh tubuh, sarung tangan, dan sepatu yang dirancang khusus, termasuk penutup muka yang prostetik untuk melindunginya dari ubur-ubur.

Nyad justru berhasil meningkatkan kecepatan rata-rata menjadi 1,76 mil per jam (2,83 kilometer per jam) pada hari Minggu setelah berenang selama 24 jam. Dia terlihat bingung dan kulitnya terbakar matahari setelah mencapai pantai, dan kemudian dibawa dengan ambulans ke rumah sakit setempat.

Dia pertama kali mencoba berenang dari Kuba ke Florida pada tahun 1978, ketika ia berusia 28. Dia potong kompas pada upayanya yang terakhir  tahun lalu akibat perahunya menghadapai masalah karena badai arus air, dan serangan ubur-ubur berkali-kali.

 Susan Maroney dari Australia adalah yang pertama yang berenang menyeberangi selat Florida. Dia berenang dalam alat perlindungan dari serangan hiu, pada tahun 1997 pada usia 22 tahun. (dw.de)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home