Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:12 WIB | Jumat, 19 Juni 2015

70 Negara Tuntut Suriah Hentikan Serang Warga Sipil

Warga memeriksa kerusakan akibat serangan udara pesawat tempur pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar Al-Assad di Bustan al-Qasr, dekat Aleppo yang dikuasai pemberontak. (Foto: Christian Today /Reuters)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Lebih dari 70 negara telah menandatangani surat yang menuntut Suriah untuk menghentikan serangan udara secara sembarangan yang telah menewaskan ribuan warga sipil.

Surat itu juga mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mencegah Angkatan Udara Suriah melakukan serangan serupa di masa depan, termasuk menjatuhkan bom barel, seperti diebritakan Daily Star.

Surat itu mengatakan bahwa helikopter angkatan udara Suriah berulang kali membombardir daerah yang padat penduduk di Aleppo, kota terbesar di negara itu, dan sekitarnya. Serangan  dalam beberapa pekan terakhir menyebabkan ratusan orang warga sipil tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Surat itu dikirim pada hari Kamis (18/6) kepada Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon dan kepada Presiden Dewan Keamanan dan Majelis Umum.

Surat tersebut digagas duta besar Belgia, Luksemburg dan Belanda dan yang ikut menandatanganio termasuk Amerika Serikat, Inggris, Perancis. Namun disebutkan tidak oleh  Rusia dan China (Tiongkok), dua anggota Dewan Keamanan yang memiliki hak veto.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home