Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 18:02 WIB | Jumat, 19 Juni 2015

AS Deportasi 32 Imigran Asal Kuba

Jumlah imigran asal Kuba yang berusaha masuk ke Amerika Serikat (AS) kian hari kian menggelembung setelah kedua negara ini mengumumkan akan memperbaiki hubungan diplomatik. (Foto: hacer.org)

MIAMI, SATUHARAPAN.COM – Petugas Pantai Amerika Serikat (AS) mendeportasi 32 imigran asal Kuba yang ditangkap dalam perjalanan menuju AS menggunakan perahu, menurut laporan otoritas setempat, Kamis (18/6).

Mereka dideportasi ke Bahia de Cabanas, Kuba, Rabu (17/6), menurut laporan tambahan.

“Keprihatinan utama kami adalah keselamatan para imigran yang mempertaruhkan nyawanya sendiri,” ujar Kepala Satuan Tugas Penjaga Pantai AS, Kapten Mark Fedor, di perairan lokasi penemuan para imigran tersebut.

“Mereka terpaksa melakukan perjalanan menggunakan perahu yang tidak layak,” kata dia melanjutkan. “Untuk melindungi perbatasan negara, kami menghalau aktivitas berbahaya dan ilegal.”

Ini merupakan kali keempat dalam kurun waktu lima hari imigran Kuba ditemukan di tengah laut saat berusaha menyambangi AS.

Jumlah imigran mengalami peningkatan sejak Washington dan Havana mengumumkan pada Desember tahun lalu akan menormalisasi hubungan setelah setengah abad bermusuhan.

Rekonsiliasi itu kemungkinan juga menjadi isyarat diakhirinya kebijakan yang memungkinkan warga negara Kuba yang berhasil mencapai Negeri Paman Sam untuk menetap di AS. (AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home