Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 07:35 WIB | Selasa, 11 Agustus 2015

70 Tahun RI: Warga Sebatik Kibarkan Bendera di Puncak Bukit

Pulau Sebatik. (Ilustrasi: dishubkaltimprov.go.id)

NUNUKAN, SATUHARAPAN.COM - Warga Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, bakal mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Bukit Liang Bunyu di kawasan perbatasan antara RI-Malaysia, dalam peringatan HUT ke-70 RI.

Ketua Panitia kegiatan itu, Arham, di Nunukan, Selasa (11/8), mengatakan prosesi pengibaran bendera Merah Putih akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2015, yang rencananya diawali dengan arak-arakan masyarakat dan sejumlah pejabat setempat.

Segala persiapan pelaksanaan pengibaran bendera Merah Putih di puncak bukit yang masuk wilayah Kecamatan Sebatik Barat itu, katanya, telah rampung.

"Termasuk distribusi undangan kepada seluruh instansi di kecamatan tersebut yang diharapkan mengiringi arak-arakan nantinya," katanya.

Arham mengatakan, rute arak-arakan warga sekitar 10 kilometer dari Kantor Camat Sebatik Barat hingga Bukit Liang Bunyi yang menghadap Pulau Nunukan dan wilayah Tawau, Malaysia.

"Pada saat pengibaran bendera Merah Putih, terlebih dahulu dilakukan arak-arakan warga dari kantor camat sampai Bukit Liang Bunyu dengan perkiraan jaraknya sekitar 10 kilometer," kata staf Kantor Kecamatan Sebatik Barat itu.

Peringatan HUT ke-70 RI di wilayah perbatasan RI-Malaysia, khususnya di Pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Negeri Sabah, Malaysia itu, katanya, akan disambut dengan segala bentuk kemeriahan masyarakat setempat.

Ia menjelaskan, penyambutan tersebut untuk menjaga dan menanamkan sikap nasionalisme masyarakat di wilayah perbatasan antarnegara, sekaligus memahami makna HUT Proklamasi RI yang jatuh setiap 17 Agustus.

Arham menjelaskan, warga perbatasan perlu mendapatkan bimbingan dengan kegiatan positif, untuk meningkatkan sikap nasionalisme. "Agar tersentuh dalam menjaga kedaulatan NKRI," katanya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home