Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 19:26 WIB | Selasa, 21 Juni 2016

9 Kartini Kendeng Gelar Selamatan Tumpeng untuk Jokowi

9 Kartini Kendeng Gelar Selamatan Tumpeng untuk Jokowi
Sukinah (kiri) salah satu perwakilan dari Sembilan Kartini didampingi perwakilan dari Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK) mempersiapkan nasi tumpeng selamatan yang diberikan untuk Presiden Joko Widodo sebagai hadiah istimewa di hari ulang tahunnya. Aksi yang bertajuk "9 Kartini Kendeng Nyelameti Pak Jokowi" digelar di seberang Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (21/6). (Foto-foto: Dedy Istanto).
9 Kartini Kendeng Gelar Selamatan Tumpeng untuk Jokowi
Perwakilan Sembilan Kartini Kendeng bersama dengan Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng, dan beberapa aktivis perempuan dan perwakilan dari Komnas HAM saat menggelar aksi "Nyelameti Pak Jokowi" dengan membawa nasi tumpeng sebagai bentuk selamatan di hari ulang tahunnya hari ini.
9 Kartini Kendeng Gelar Selamatan Tumpeng untuk Jokowi
Nasi tumpeng lengkap dengan isinya dibawa oleh Sukinah salah satu perwakilan dari 9 Kartini Kendeng saat menggelar aksi bertajuk Nyelameti Pak Jokowi di seberang Istana Negara, Jakarta Pusat.
9 Kartini Kendeng Gelar Selamatan Tumpeng untuk Jokowi
Ikat rambut yang terbuat dari kayu sebagai salah satu ciri khas dari masyarakat Kendeng, Jawa Tengah saat menggelar aksi Nyelameti Pak Jokowi yang digelar di seberang Istana Negara, Jakarta Pusat.
9 Kartini Kendeng Gelar Selamatan Tumpeng untuk Jokowi
Perwakilan dari JM-PPK berorasi menyampaikan aspirasi dalam aksi Nyelameti Pak Jokowi, didampingi salah satu perwakilan dari Sembilan Kartini, Sukinah (kiri). Aksi ini digelar di seberang Istana Negara, Jakarta Pusat.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Perwakilan Sembilan Kartini Kendeng menggelar aksi selamatan tumpeng untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) di seberang Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (21/6).

Tumpeng nasi lengkap dengan isinya yang dibawa oleh salah satu dari Sembilan Kartini itu merupakan kado istimewa untuk Presiden Jokowi yang hari ini merayakan ulang tahun ke-55.

Aksi ini diberi tajuk "9 Kartini Kendeng Nyelameti Pak Jokowi."

“Kami para petani datang yang dari pegunungan Kendeng, Jawa Tengah, hanya sebagian kecil wilayah dari Indonesia yang dengan tulus mencintai negeri ini dan mencintai presiden kami. Suara nurani kami telah kami amanatkan kepada Presiden Jokowi. Kami sadar bahwa mewujudkan cita-cita negeri tidak boleh hanya menggantungkan kepada para pemimpin saja, peran rakyat sangatlah besar untuk menentukan berhasil atau tidaknya pembangunan suatu bangsa. Sebagai petani, kami tidak mau berpangku tangan,” kata Sukinah salah satu dari Sembilan Kartini yang datang bersama dengan Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK).

Aksi selamatan tumpeng digelar sekitar pukul 16.30 WIB dihadiri juga oleh sejumlah aktivis kaum perempuan dari berbagai lembaga dan perwakilan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Sandrayati Moniaga.

Dalam rilis yang diberikan dikatakan Jawa Tengah merupakan daerah yang rentan terhadap bencana. Ketika musim kemarau mengalami kekeringan dan ketika musim hujan dilanda banjir dan longsor. Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada hari Senin (20/6) kemarin, sejumlah daerah di Jawa Tengah mengalami bencana banjir yang diikuti dengan tanah longsor yang telah memakan korban sebanyak 47 orang meninggal, dan 15 orang masih dinyatakan hilang.

“Bencana hadir bukan karena faktor kebetulan, namun karena alam telah marah ketika keseimbangan ekosistemnya dirusak manusia. Salah satunya pertambangan yang menjadi faktor merusak ekosistem tersebut,” kata Guretno dari JM-PKK.

Aksi dilanjutkan dengan menggelar orasi terbuka dari beberapa perwakilan lembaga aktivis perempuan.

Editor: Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home