Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:27 WIB | Jumat, 29 April 2022

Ada Rencana Evakuasi Warga Yang Terkepung di Mariupol, Ukraina

Pemandangan pabrik besi dan baja Azovstal di latar belakang bangunan warga yang rusak selama invasi Rusia ke Ukraina di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina 28 April 2022. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina mengatakan, ada rencana untuk mengevakuasi warga sipil dari pabrik baja Azovstal yang terkepung di kota Mariupol di mana pasukan Ukraina dan warga sipil dikepung oleh pasukan Rusia.

"Sebuah operasi untuk mengevakuasi warga sipil dari pabrik Azovstal direncanakan hari ini," kata kepresidenan Ukraina dalam sebuah pernyataan, hari Jumat (29/4).

Rusia pekan lalu mengatakan telah menguasai penuh kota pelabuhan strategis itu, kecuali kawasan industri besar Azovstal.

Presiden Vladimir Putin memerintahkan blokade pabrik baja, di mana ratusan warga sipil berlindung dengan pasukan Ukraina, menurut Kiev, termasuk mereka yang membutuhkan perawatan medis.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan pekan ini bahwa PBB melakukan segala kemungkinan untuk memastikan evakuasi warga sipil dari "kiamat" di Mariupol.

Seorang perwakilan PBB untuk Ukraina mengatakan selama kunjungan itu dia melakukan perjalanan ke pusat kota Zaporizhzhia untuk mempersiapkan evakuasi "harapan".

“PBB sepenuhnya dikerahkan untuk membantu menyelamatkan nyawa warga Ukraina dan membantu mereka yang membutuhkan,” kata Koordinator Residen dan Kemanusiaan PBB di Ukraina. Osnat Lubrani. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home