Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 19:12 WIB | Rabu, 30 Maret 2016

ADB : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2016 Diprediksi Naik

Konferensi Pers Asian Development Bank (ADB) di Jakarta pada hari Rabu (30/3) (Foto: Bob H Simbolon)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan naik seiring respon positif konsumen dan investor atas upaya pemerintah memperbaiki investasi publik dan melakukan reformasi struktural.

Kepala Perwakilan Asian Development Bank (ADB) Indonesia, Steven Tabor, mengatakan pemerintahan Joko Widodo telah melakukan reformasi ekonomi yang mampu memperkuat kepercayaan pasar, padahal kondisi perekonomian global lagi bergejolak.

"Indonesia harus mempertahankan program investasi publiknya, meningkatkan produktivitas, mengembangkan sumber-sumber pertumbuhan yang baru guna mempertahankan reformasi ekonomi," kata dia saat konferensi pers di Jakarta pada hari Rabu (30/3).

Publikasi tahunan yang bertajuk Asian Development Outlook (ADO), lanjut dia akan memproyeksikan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan membaik dari 4,8 persen pada tahun 2015 menjadi 5,2 persen tahun ini dan pada tahun 2017 juga akan meningkat menjadi 5,5 persen.

Namun kata dia, Pemerintahan Joko Widodo memiliki tantangan jangka panjang yaitu mendiversifikasikan kegiatan ekonomi guna mengurangi ketergantungan pada sejumlah kecil komoditas, tantangan ini adalah langkah penting dalam konteks melemahnya permintaan global terhadap komoditas.

"Hal-hal yang dapat membantu dalam menghadapai tantangan antara lain adalah perluasaan sektor manufaktur, serta juga fokus pada berbagai sektor yang dapat mendorong pertumbuhan tinggi, seperti pariwisata, pertanian bernilai tambah tinggi, perikanan laut, budidaya perairan dan e-commerce," kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home