Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:06 WIB | Kamis, 10 Maret 2016

Ahok: Ada Sindikat Pelaku Pencurian Kabel

Ilustrasi penemuan kulit kabel di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu. (Foto: Dok. satuharapan.com/beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku sudah mengetahui jika penyidik Polda Metro Jaya telah mengantongi ciri-ciri pelaku pencurian kabel di kawasan Medan Merdeka Selatan. Dia menduga, para pelaku pencurian kabel tersebut merupakan sindikat yang beraksi secara berkelompok.

"Mereka sindikat, spesial mengambil kabel-kabel bekas PLN. Kalau dibuang besinya cuma seribu sekilo," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, hari Kamis (10/3).

Berdasarkan laporan dari Polda Metro Jaya, kabel tembaga di dalam saluran air tersebut sudah dicuri sejak 2013 lalu. Para pelaku diduga mencuri kabel dengan cara membongkar saluran air.

"Ternyata memang pencurian kabel, mereka membobok dari dalam, terus dia tarik kabelnya. Makanya lagi dihitung kabelnya ada berapa yang bisa," kata dia.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bersama Polda Metro Jaya akan mengecek kondisi saluran air yang ada di seluruh Ibu kota. Pengecekan dilakukan menyusul ditemukannya kasus pencurian kabel utilitas di saluran air Medan Merdeka Selatan, Gambir Jakarta Pusat yang terjadi belakangan ini.

Pria yang akrab disapa Ahok ini mencurigai pencurian kabel utilitas ini juga terdapat di saluran air lainnya. Karena itu perlu dilakukan pengecekan saluran secara seksama dengan menggandeng Polda Metro Jaya.

"Kayaknya bukan cuma disitu. Saluran lainnya juga bisa ada, makanya harus diselidiki," kata dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home