Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:39 WIB | Selasa, 16 Februari 2016

Ahok akan Sapu Bersih Metro Mini

Ilustrasi bus Metro Mini dan Kopaja sedang mengantre di Terminal Blok M Jakarta Selatan. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kekesalan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sepertinya sudah tak tertahankan lagi terkait bus Metro Mini yang selalu mengundang petaka. Oleh karena itu, dia berencana untuk membabat habis bus Metro Mini yang masih beroperasi di wilayah DKI Jakarta dengan bus yang baru.

“Metro Mini hari ini kita akan segera ke LKPP untuk pesan bus besar yang mungkin panjangnya sembilan atau 10 meter. Mungkin dalam empat atau lima bulan (bus) akan datang. Kita akan gantikan semua rute Metro Mini,” kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, hari Selasa (16/2).

Rencananya, dia akan meminta kepada pemilik Metro Mini untuk tidak lagi mengoperasikan bus tersebut di wilayah ibu kota DKI Jakarta dan bergabung dengan PT Trans Jakarta saja. Nantinya kepemilikan bus tersebut bisa mencontoh sistem seperti taksi. Jika sudah mengoperasikan selama kurang lebih empat atau lima tahun, bus tersebut akan dapat dijadikan hak milik perorangan.

Selain itu, pria yang akrab disapa Ahok ini juga menawarkan lapangan pekerjaan kepada supir dan kernet Metro Mini dengan mengoperasikan bus yang baru tersebut.

“Karyawan kamu (pemilik bus) yang enggak terserap, kami akan serap. Kita akan jalankan (bus) 24 jam. Jadi satu bus minimal butuh empat supir atau kernet lima orang.”

Ahok memperkirakan bus tersebut akan tiba di Jakarta sekitar bulan Juli atau Agustus 2016 mendatang. Namun, Ahok belum bersedia memberikan berapa jumlah bus yang akan dibeli oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Kemudian, bagaimana dengan nasib armada Metro Mini dan Kopaja? Dengan santai, Ahok menjawab, “Buang saja ke laut atau dijual. Terserah dia (pemilik bus) lah.”

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home