Loading...
RELIGI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:07 WIB | Jumat, 29 April 2016

Ahok: Ali Mustafa Yaqub Kyai Sekelas Gus Dur

Ilustrasi. Ali Mustafa Yaqub, mantan Imam Besar Masjid Istiqlal saat memberikan penjelasan terkait ISIS kepada wartawan, 6 Agustus 2014 (Foto: Dok. satuharapan.com/Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai Imam Besar Masjid Istiqlal KH Ali Mustafa Yaqub merupakan sosok yang hampir mirip dengan KH Abdurrachman Wahid atau yang biasa dikenal sebagai Gus Dur.

"Beliau ini sekelas Gus Dur yang moderat. Mengajarkan ajaran Islam dengan konsep Islam. Saya rasa beliau penyiar Islam yang sangat baik dan saya pikir kalau hampir semua penyiar Islam seperti beliau, bisa banyak orang tertarik kepada Islam," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, hari Kamis (28/4).

Dia mengaku sempat beberapa kali bertemu dengan Ali Mustafa untuk membicarakan proyek Sungai Ciliwung yang melintas di sekitar Masjid Istiqlal. Kala itu, mereka sepakat ingin membuat air sungai itu menjadi bersih dan jernih dengan bantuan teknologi dari Korea.

Pria yang akrab disapa Ahok ini mengaku turut kehilangan Ali Mustafa sebagai penyiar Islam yang baik.

Ali Mustafa Yaqub, yang lahir di Kemiri, Batang, Jawa Tengah pada 2 Maret 1952, meninggal di Rumah Sakit Hermina, Ciputat, hari ini pada pukul 06.00 WIB, hari Kamis (28/4) pagi.

Selain Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali juga dikenal sebagai ahli hadits. Ia mendapatkan gelar master dalam Tafsir Hadits di Fakultas Pascasarjana Universitas King Saud, Riyadh, Arab Saudi.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home