Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:19 WIB | Kamis, 17 Maret 2016

Ahok: Sinar Mas Lirik Pembangunan RTH Kalijodo

Para pekerja dibantu anggota TNI memasang plang rencana lokasi yang akan dijadikan ruang terbuka hijau (RTH) dan juga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di kawasan Kalijodo, Jakarta Utara, Senin (29/2) pasca pembongkaran. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera membangun taman dan fasilitas publik di Kalijodo dengan target lima bulan selesai. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan saat ini Grup Sinar Mas sudah mengajukan diri untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo yang berbatasan dengan wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

“Mungkin Sinar Mas akan tertarik untuk bangun (Kalijodo),” kata dia usai meresmikan RPTRA Pulo Gundul, Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, hari Kamis (17/3).

Selain Sinar Mas, perusahaan minuman berkarbonasi seperti Coca Cola juga tertarik menggarap kawasan yang terkenal dengan tempat prostitusi kelas teri tersebut. Menurutnya, kawasan Kalijodo bisa terlihat dengan jelas dari atas jalan raya tol bandara Soekarno-Hatta sehingga ini menjadi cara yang efektif untuk melakukan promosi bagi perusahaannya tersebut.

Dinas Penataan Kota DKI Jakarta telah menyelesaikan proses pengukuran Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR-PZ) kawasan Kalijodo yang berbatasan dengan wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Pola Ruang Dinas Penataan Kota DKI, Gentur Wisnubaroto, mengatakan pengukuran dan pemetaan dilakukan untuk bisa diketahui konsep hitung volume pembangunan sarana.

"Jadi petanya sudah siap. Sebelum dibangun harus diukur dulu, sehingga bisa diketahui konsepnya seperti apa, juga besaran anggaran pembangunannya," ujarnya, Rabu (16/3).

Nantinya, kawasan Kalijodo pada sisi Jalan Terusan Bidara Raya, kalinya akan diperlebar menjadi 18 meter. Begitu juga dengan saluran air dari Kali Krendang menuju Kanal Banjir Barat (KBB) akan diperlebar menjadi 20 meter.

"Untuk selanjutnya nanti akan dilakukan pembangunan oleh instansi terkait," kata dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home