Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:57 WIB | Senin, 16 Desember 2013

Ahsan dan Hendra Juara BWF World Super Series Finals

Mohamad Ahsan dan Hendra Setiawan. (foto: badmintonfreak.com)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM – Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan yang saat ini menduduki peringkat pertama ganda putra dunia versi BWF (organisasi badminton dunia) pada Minggu (15/12) malam berhasil meraih gelar juara pada ajang BWF World Super Series Finals, dalam final yang berlangsung di Stadion Badminton Indoor Kuala Lumpur, Malaysia.

Ahsan dan Hendra yang hanya kalah satu kali di babak penyisihan grup berhasil memenangkan pertandingan final ganda putra melawan Kim Ki Jung dan Kim Sa Rang asal Korea Selatan.

Pada partai puncak tersebut, Hendra dan Ahsan tampil luar biasa setelah menang dengan 21-14, dan 21-16.   

Pasangan juara ganda putra Malaysia Terbuka tersebut memimpin 20-14, dan berhasil menyelesaikan set kedua dengan kemenangan 21-16. Seusai pertandingan dan penyerahan gelar juara Hendra berkomentar tidak menyangka akan menang mudah, dan mengira sepertinya lawan asal Korsel tersebut sedang tidak dalam permainan terbaik.

“Kami tidak menyangka bisa menang relatif mudah dibanding sebelumnya, mereka sepertinya tidak dalam performa terbaik, karena sebelumnya juga kami sudah mengetahui cara permainan mereka,” ujar Hendra.

Hendra mengatakan bahwa dia dan Ahsan dalam mengarungi pertandingan pada 2013 ini sangat bergejolak, terutama saat Ahsan cedera seusai Denmark Terbuka.  

“Perjalanan kami tahun ini sempat turun juga saat Ahsan cedera, tapi tentunya kami senang bisa meraih beberapa gelar penting tahun ini, seperti Kejuaraan Dunia dan kami pun senang bisa mendapat gelar Super Series Finals untuk pertama kalinya, hitung-hitung gelar akhir tahun,” kata Hendra.

Sementara manajer tim Indonesia, Aryono Miranat mengutarakan bahwa ini menjadi cerminan bahwa Hendra dan Ahsan berhasil menunjukkan sejauh ini adalah pasangan terbaik.

“Turnamen ini hanya diikuti delapan pasangan terbaik dunia, jadi bisa dilhat kalau untuk saat ini pasangan terbaik ganda putra memang Hendra dan Ahsan,” kata Aryono.

Perjalanan panjang Hendra dan Ahsan di Kejuaraan BWF World Super Series Finals ini terbilang mudah, karena pada partai pertama ganda putra Grup A yang digelar Rabu (11/12) keduanya unggul atas pasangan tuan rumah Malaysia, Thien How Hoon dan Wee Kiong Tan, 21-17, dan 21-13. Keesokan harinya Kamis (12/12) mereka unggul atas pasangan yang sama seperti pada partai puncak ini, Ki Jung Kim dan Sa Rang Kim, 21-17, 22-20. Hendra dan Ahsan tetap lolos ke semi final walau pada pertandingan terakhir Grup A tumbang atas musuh bebuyutan dari China, Liu Xiaolong dan Qiu Zihan, 13-21, 21-11, 12-21            .

Pada semi final, Sabtu (14/12) mereka mengalahkan ganda putra Denmark,

Mathias BOE dan  Carsten MOGENSEN 21-18, 21-18. 

Daftar lengkap peraih gelar juara BWF World Super Series Finals

Tunggal Putra:

Juara 1: Lee Chong Wei

Juara 2: Tommy Sugiarto

Juara 3 Bersama: Jan O jorgensen, Kenichi Tago.

Ganda Putra:

Juara 1: Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan.

Juara 2: Ki Jung Kim, Sa Rang Kim.

Juara 3 bersama: Mathias Boe, Carsten Mogensen dan Sung Hyun Ko, Yong Dae Lee.

Tunggal Putri:

Juara 1 :Li Xuerui.

Juara 2: Tzu Ying Tai.

Juara 3 Bersama: Shi Xian Wang, Yeon Ju Bae.

Ganda Putri:

Juara 1: Christinna Pedersen, Kamilla Rytter Juhl

Juara 2: Ma Jin, Tang Jin Hua

Juara 3 : Wang Xiao Li, Fu Yang, dan Ye Na Jang, So Young Kim

Ganda Campuran

Juara 1: Joachim Fischer Nielsen, Christinna Pedersen

Juara 2: Zhang Nan, Zhao Yun Lei

Juara 3 bersama: Peng Soon Chan, Liu Ying Goh, dan Chen Xu dan Ma Jin.

(badmintonindonesia.org/ tournamentsoftware.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home