Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:16 WIB | Kamis, 02 Februari 2023

Akibat Perang: Bakhmut, Tujuan Wisata Populer Yang Jadi Kota Hantu

Tentara Ukraina mengendarai Humvee di Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, Rabu, 21 Desember 2022. (Foto: dok. AP/Libkos)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Dulu pengunjung akan melihat-lihat bangunan akhir abad ke-19 di kota Bakhmut, menikmati jalan-jalan mereka di taman tepi danau dengan deretan bunga mawar, dan menikmati anggur bersoda yang diproduksi di gua bawah tanah yang bersejarah. Kota tambang garam dan gipsum yang terletak sekitar 100 kilometer dari perbatasan Rusia ini pernah menjadi tujuan wisata populer di Provinsi Donetsk, Ukraina timur.

Tapi tidak lagi seperti itu. Pertempuran perang terpanjang di Ukraina telah mengubah kota Bakhmut menjadi kota hantu. Meskipun pengeboman, penembakan, dan upaya mengepung kota selama enam bulan, pasukan Rusia belum menaklukkannya. Tapi taktik bumi hangus mereka membuat warga sipil tidak mungkin memiliki kehidupan yang mirip di sana.

“Ini neraka di bumi sekarang; Saya tidak dapat menemukan kata-kata yang cukup untuk menggambarkannya,” kata tentara Ukraina, Petro Voloschenko, yang tanda panggilan militernya adalah Batu, suaranya naik karena emosi dan kebencian.

Voloschenko, yang berasal dari Kiev, tiba di daerah tersebut pada bulan Agustus ketika serangan Rusia dimulai dan sejak itu merayakan ulang tahunnya, Natal dan Tahun Baru di sana. Pria berusia 44 tahun itu melihat kota itu berangsur-angsur berubah menjadi reruntuhan, tanah kosong dari bangunan yang rusak. Sebagian besar rumah hancur, tanpa atap, langit-langit, jendela atau pintu, sehingga tidak layak huni, katanya.

Dari 80.000 populasi sebelum perang, hanya tersisa beberapa ribu penduduk. Mereka jarang melihat siang hari karena mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang bawah tanah untuk berlindung dari pertempuran sengit di sekitar dan di atas mereka. Kota terus-menerus bergetar karena suara ledakan yang teredam, desingan mortir, dan suara artileri yang konstan. Di mana saja adalah target potensial.

Medan Pertempuran

Kemunduran dimulai selama musim panas setelah Rusia merebut kota besar terakhir di provinsi tetangga, Luhansk. Rusia kemudian mengerahkan pasukan dan peralatan untuk merebut Bakhmut, dan Ukraina melakukan hal yang sama untuk mempertahankannya. Bagi Rusia, kota itu adalah salah satu batu loncatan menuju tujuannya untuk merebut sisa wilayah yang dikuasai Ukraina di Donetsk.

Dari parit-parit di luar kota, kedua belah pihak menggali untuk apa yang berubah menjadi kebuntuan yang melelahkan saat Ukraina merebut kembali wilayah ke utara dan selatan dan serangan udara Rusia di seluruh negeri menargetkan pembangkit listrik dan infrastruktur lainnya.

Bulan-bulan pertempuran melelahkan kedua pasukan. Pada musim gugur, Rusia mengubah taktik dan mengirim prajurit berjalan kaki alih-alih menyelidiki garis depan terutama dengan artileri, menurut Voloschenko.

Mykola Bielieskov, seorang peneliti di Institut Nasional untuk Studi Strategis Ukraina, mengatakan bahwa orang Rusia yang paling tidak terlatih pertama-tama memaksa orang Ukraina untuk melepaskan tembakan dan mengekspos kekuatan dan kelemahan pertahanan mereka.

Lebih banyak unit terlatih atau tentara bayaran dari Grup Wagner, sebuah perusahaan militer swasta Rusia yang dipimpin oleh seorang jutawan nakal dan dikenal karena kebrutalannya, membentuk barisan belakang, kata Bielieskov.

Institute for the Study of War baru-baru ini melaporkan bahwa pasukan Wagner telah menyebabkan lebih dari 4.100 tewas dan 10.000 terluka, termasuk lebih dari 1.000 tewas antara akhir November dan awal Desember di dekat Bakhmut. Jumlahnya tidak mungkin diverifikasi.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dalam pidatonya baru-baru ini, menggambarkan situasi di Bakhmut sebagai "sangat sulit".

“Ini adalah serangan Rusia yang konstan. Upaya terus-menerus untuk menembus pertahanan kami,” katanya,

Bielieskov mengatakan bahwa Ukraina mengkompensasi kekurangan alat beratnya dengan orang-orang yang siap bertahan sampai akhir. “Bersenjata ringan, tanpa dukungan artileri yang memadai, yang tidak selalu dapat disediakan, mereka bertahan dan menahan serangan selama mungkin,” katanya.

Hasilnya adalah pertempuran tersebut diyakini telah menghasilkan kerugian pasukan yang mengerikan baik bagi Ukraina maupun Rusia. Seberapa mematikannya tidak diketahui: Tidak ada pihak yang mengatakan.

"Pasukan bukanlah masalah Rusia dan, dalam beberapa hal, lebih merupakan masalah Ukraina, bukan hanya karena korbannya menyakitkan, tetapi mereka seringkali ... pasukan terbaik Ukraina," kata Lawrence Freedman, seorang profesor emeritus perang di King's College London.

Seperti Mariupol - kota pelabuhan di provinsi yang sama yang akhirnya direbut Rusia setelah pengepungan 82 hari yang akhirnya berakhir di pabrik baja raksasa tempat para pejuang Ukraina yang gigih bertahan bersama dengan warga sipil - Bakhmut telah mengambil peran penting yang hampir mistis bagi para pembelanya.

“Bakhmut telah menjadi simbol tak terkalahkannya Ukraina,” kata Voloschenko. “Bakhmut adalah jantung Ukraina, dan kedamaian masa depan kota-kota yang tidak lagi diduduki bergantung pada ritme yang digunakannya.”

Rusia Ingin Menguasai Donetsk

Donetsk adalah salah satu dari empat provinsi yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia pada musim gugur, tetapi hanya menguasai sekitar setengahnya. Untuk mengambil separuh sisanya, pasukan Rusia tidak punya pilihan selain melewati Bakhmut, yang menawarkan satu-satunya pendekatan kota-kota besar yang dikuasai Ukraina sejak pasukan Ukraina merebut kembali Izium di Provinsi Kharkiv pada bulan September, menurut Bielieskov.

“Tanpa perebutan kota-kota ini, tentara Rusia tidak akan mampu menyelesaikan tugas politik yang diberikan,” kata Bielieskov.

Untuk saat ini, Bakhmut tetap sepenuhnya berada di bawah kendali tentara Ukraina, meskipun lebih sebagai benteng daripada tempat di mana orang akan mengunjungi, bekerja, atau mencintai. Bulan ini, Rusia merebut kota Soledar, yang terletak kurang dari 20 kilometer, tetapi gerak maju mereka sangat lambat, menurut analis militer.

“Ini adalah tingkat kemajuan yang tidak memungkinkan kita untuk berbicara tentang tindakan ofensif yang serius. Ini adalah dorongan yang lambat dengan harga yang sangat tinggi,” kata Bielieskov.

Di sepanjang garis depan di sisi Ukraina, unit medis darurat memberikan perawatan darurat kepada korban di medan perang. Dari 50 hingga 170 tentara Ukraina yang terluka setiap hari melewati hanya satu dari beberapa titik stabilisasi di sepanjang garis depan Donetsk, menurut Tetiana Ivanchenko, yang telah menjadi sukarelawan di Ukraina timur sejak konflik separatis yang didukung Rusia dimulai di sana pada tahun 2014.

Setelah kemundurannya di Provinsi Kharkiv dan Kherson di selatan, Kremlin haus akan kesuksesan apa pun, bahkan jika itu hanya merebut satu atau dua kota yang telah hancur menjadi puing-puing. Freedman, profesor emeritus King's College London, mengatakan hilangnya Bakhmut akan menjadi pukulan bagi Ukraina dan menawarkan keuntungan taktis bagi pasukan Rusia, tetapi tidak akan terbukti menentukan hasil perang.

Akan ada nilai lebih bagi Rusia jika bisa merebut Bakhmut yang berpenduduk dan utuh di awal perang, tetapi sekarang penangkapan itu hanya akan memberikan opsi kepada pasukannya tentang cara merebut lebih banyak Donetsk, kata Freedman.

Seorang tentara Ukraina berusia 22 tahun yang mengikuti tanda panggilan Desiatyi, atau Kesepuluh, bergabung dengan tentara pada hari Rusia memulai perang skala penuh di Ukraina. Setelah berbulan-bulan membela daerah Bakhmut, kehilangan banyak rekan, dia mengatakan tidak menyesal.

“Ini bukan tentang membandingkan harga dan kerugian di kedua sisi. Ini tentang fakta bahwa, ya, orang Ukraina sekarat, tetapi mereka mati karena tujuan tertentu,” kata Desiatyi, yang tidak menyebutkan nama aslinya demi alasan keamanan.

“Ukraina tidak punya pilihan selain mempertahankan setiap jengkal tanahnya. Negara harus mempertahankan dirinya sendiri, apalagi sekarang, dengan begitu gigih, tegas, dan mati-matian. Inilah yang akan membantu kami membebaskan wilayah pendudukan kami di masa depan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home