Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 11:27 WIB | Kamis, 09 Oktober 2014

Aktor Benedict Cumberbatch Perankan Pemecah Kode Alan Turing

Aktor Benedict Cumberbatch Perankan Pemecah Kode Alan Turing
Aktor Inggris Benedict Cumberbatch memerankan tokoh Alan Turing dalam film The Imitation Game. (Foto: theguardian.com)
Aktor Benedict Cumberbatch Perankan Pemecah Kode Alan Turing
Alan Turing, ahli matematika, ahli komputer, filsuf, dan pelari maraton Inggris. (Foto: Getty Images/SPL/bbc.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Aktor Inggris Benedict Cumberbatch yang digadang-gadang akan memenangkan Penghargaan Oscar atas perannya sebagai ahli matematika Alan Turing, pada Rabu (08/10) melontarkan harapan film yang diperankannya akan layak menjadi penghormatan bagi pemecah kode masa perang yang dituntut karena gay itu.

Bintang yang meraih popularitasnya lewat serial Sherlock di jaringan televisi berbayar, yang mengisahkan sepak terjang detektif Sherlock Holmes itu, berbicara di penayangan perdana di Eropa untuk The Imitation Game, salah satu dari film biografi yang mendominasi Festival Film London yang ke-58.

Alan Turing, tokoh yang diperankannya, adalah ilmuwan komputer pada masanya. Alan Mathison Turing, juga dikenal sebagai filsuf dan pelari maraton. Film The Imitation Game, dirilis bersamaan dengan peringatan 60 tahun kematiannya.

Turing dituntut atas homoseksualitas pada 1952, ketika hal itu dianggap tindak pidana di Inggris, meskipun ia memberikan peran penting dalam memecahkan kode Jerman, yang menurut para ahli membantu mempercepat kejatuhan Adolf Hitler.

Dipaksa melakukan kastrasi kimia, Turing bunuh diri pada 1954, 16 hari sebelum berulang tahun ke- 42. Dia baru secara resmi diampuni pada tahun lalu oleh Ratu Elizabeth II, tepatnya 24 Desember 2013.

“Saya benar-benar ingin kisahnya diketahui seluas mungkin,” kata Cumberbatch di acara penayangan tersebut.

“Saya harap itu akan menjadi titik awal untuk ketertarikan dan pemahanan dan perayaan yang layak bagi Alan Turin,” ia menambahkan. (AFP/Ant/theghuardian.com/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home