Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 12:20 WIB | Senin, 19 September 2016

Akui Jiplak Pidato Obama, Presiden Negeria Dikritik

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari (kiri) dan Presiden AS, Barack Obama.

NIGERIA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, mendapat kritikan setelah mengakui bagian dari pidato terbarunya yang bertajuk ‘Change Begins With Me’ menjiplak pidato kemenangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 2008.

Buhari mengumumkan inisiatif sosial yang mengimbau rakyat Nigeria untuk berhenti menyuap dan mengacaukan sebuah program yang melanjutkan “perangnya melawan ketidakdisiplinan” yang diluncurkan saat dia menjabat sebagai penguasa militer pada 1980-an.

“Kita harus menahan godaan untuk tidak jatuh kembali pada keberpihakan, kepicikan dan ketidakdewasaan yang sudah lama meracuni negara kita,” kata dia pada hari Senin (19/9).

Kantor kepresidenan terpaksa mengeluarkan pernyataan pada hari Jumat (16/9) mengakui bahwa bagian itu menjiplak pidato Obama.

“Kami mengamati bahwa kesamaan di sebuah paragraf dengan pidato kemenangan Presiden Obama pada 2008 terlalu mirip untuk bisa dikatakan sebagai kebetulan,” kata juru bicara kepresidenan Garba Shehu dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa penulis pidato akan menghadapi “sanksi yang sesuai.”

Kritikus mempertanyakan apakah Buhari membaca pidatonya sebelum menyampaikannya dan khawatir bahwa insiden tersebut menodai citra Nigeria di luar negeri saat para pemimpin internasional mempersiapkan diri untuk berkumpul di Sidang Majelis Umum PBB di New York. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home