Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:23 WIB | Senin, 09 Februari 2015

Alibaba Beli Saham Perusahaan Smartphone Tiongkok Rp 7,46 Triliun

Ilustrasi Meizu. (Foto: www.engadget.com)

SHANGHAI, SATUHARAPAN.COM – Alibaba Tiongkok menyepakati pembayaran 590 juta dolar Amerika (sekitar Rp 7,46 triliun) untuk saham minoritas di perusahaan pembuat smartphone atau ponsel pintar Tiongkok, Meizu, menurut pernyataan gabungan pada Senin (09/02), saat raksasa e-commerce tersebut sedang berupaya untuk memperluas penawaran seluler mereka.

Tahun lalu, Meizu menggunakan sistem operasi yang dikembangkan unit komputasi awan (cloud computing) Alibaba, YunOS, pada smartphone andalannya.

Alibaba akan mengintegrasikan sistem operasi selulernya dengan perangkat keras Meizu dan memberikan dukungan e-commerce, Internet seluler dan analisis data, menurut pernyataan tersebut.

“Investasi di Meizu mewakili langkah penting dalam seluruh strategi seluler kami saat kami berusaha untuk memberikan penawaran dan pengalaman seluler yang lebih luas kepada para pengguna,” ujar Chief Technology Officer Alibaba, Wang Jian, dalam pernyataan tersebut.

Meizu, yang didirikan pada 2003 dan berbasis di kota selatan Zhuhai, adalah salah satu produsen ponsel pintar Tiongkok di bawah Xiaomi, Huawei dan Lenovo.

Pasar Tiongkok mencakup beberapa perusahaan yang menawarkan model ponsel pintar lebih murah dibandingkan dengan Samsung dan Apple.

Alibaba, yang didirikan oleh Jack Ma pada 1999, adalah perusahaan e-commerce terbesar yang terdaftar di Bursa Saham New York tahun lalu dengan penawaran publik saham perdana terbesar di dunia.

Platform andalannya, Taobao, diperkirakan akan memegang lebih dari 90 persen pangsa pasar Tiongkok untuk transaksi antarkonsumen. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home