Loading...
HAM
Penulis: Eben E. Siadari 12:16 WIB | Kamis, 17 November 2016

Amnesty International Desak Polisi Hentikan Penyidikan Ahok

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (tengah) usai diperiksa Bareskim Polri di Mabes Polri, Jakarta, Senin (7/11). Ahok diperiksa sembilan jam oleh penyelidik Bareskrim Polri sebagai terlapor pada kasus dugaan penistaan agama. (Foto: Antara)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM - Lembaga advokasi Hak Asasi Manusia (HAM) internasional, Amnesty International (AI), menyerukan agar polisi Indonesia segera menghentikan penyidikan kasus pidana atas Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tajahaja Purnama.

Seruan itu datang setelah Kepolisian RI menetapkan Basuki yang populer dengan panggilan Ahok sebagai tersangka dalam dugaan penistaan agama yang diajukan beberapa kelompok agama.

"Dengan melaksanakan investigasi kriminal dan menetapkan Ahok sebagai tersangka, pihak berwenang telah menunjukkan mereka lebih khawatir terhadap kelompok garis keras agama daripada menghormati dan melindungi HAM untuk semua," kata Rafendi Djamin, Direktur AI untuk Asia Tenggara dan Pasifik, dalam siaran persnya (16/11).

"Di antara polisi, pendapat terbagi  apakah kasus ini harus dilanjutkan, menunjukkan bahwa keputusan untuk membuka penyelidikan terhadap Ahok merupakan langkah kontroversial," siaran pers itu mengatakan.

AI mencatat pernyataan pada konferensi pers pada Rabu, yang disampaikan oleh Kabareskrim Polri, Kombes Ari Dono. Ia mengatakan, "Meskipun ada perbedaan pendapat di antara penyidik ​​polisi, sebagian besar setuju bahwa kasus ini harus diselesaikan dalam peradilan terbuka."

Dalam siaran persnya, AI mengatakan Indonesia membanggakan diri pada citra sebagai negara yang toleran. Padahal, menurut AI, kasus ini akan menjadi preseden sangat mengkhawatirkan, sehingga sulit bagi pemerintah untuk berpendapat bahwa mereka menghormati semua agama.

Kasus ini juga menurut AI, menggarisbawahi kebutuhan mendesak untuk mencabut undang-undang penistaan agama yang sering digunakan untuk menargetkan orang-orang yang menjadi bagian dari kelompok  minoritas agama, keyakinan dan kepercayaan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home