Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 13:01 WIB | Jumat, 14 November 2014

Andrinof Rencanakan Technopark di Tiap Kabupaten

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Andrinof Chaniago. (Foto: Antara/Andika Wahyu)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Andrinof Chaniago merencanakan setiap kabupaten dan kota memiliki satu "technopark", atau taman berkonsep teknologi untuk mendorong kemajuan ekonomi dan teknologi setiap daerah.

"Taman itu akan mendukung fondasi ekonomi yang kuat di daerah," kata Andrinof di Jakarta, Kamis (13/11).

Dia berpendapat, langkah itu juga merupakan upaya pemerintah untuk membangkitkan kembali peran Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspitek) serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bagi masyarakat.

"Di Solo misalnya juga sudah ada technopark yang dibangun ketika Pak Jokowi masih menjabat menjadi wali kota dan waktu itu SMK di sana membuat mobil Esemka," di menggambarkan.

Andrinof mengatakan technopark di Solo mampu menunjang perkembangan ilmu pengetahuan di wilayah itu.

Ia menjelaskan konsep technopark akan diseuaikan dengan kondisi masyarakat setempat. "Misalnya di kawasan pesisir, technopark akan berorientasi terhadap pemanfaatan sumber daya laut," katanya.

Di Bengkulu, juga sudah ada kabupaten yang membentuk taman itu dan mendorong perkembangan ekonomi setempat. "Di sana diproduksi umbi-umbian yang kemudian diolah, dikemas, dan dipasarkan," dia mencontohkan.

Andrinof juga menyampaikan program itu sudah masuk dalam daftar agenda Presiden Joko Widodo. "Semoga awal 2015 program ini akan dapat dimulai, lahan akan disediakan oleh pemerintah daerah, sedangkan pemerintah pusat akan menyokong bantuan fasilitas teknologi," dia menambahkan. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home