Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:11 WIB | Sabtu, 28 Mei 2022

Anthony Albanese dari Partai Buruh, Perdana Menteri Australia Terpilih

Siapakah si Albo, pemimpin partai buruh yang akan menjadi PM Australia dan disebut merencanakan reformasi?
Anthony Albanese dari Partai Buruh, Perdana Menteri Australia Terpilih
Pemimpin Partai Buruh Australia, Anthony Albanese, berbicara kepada para pendukungnya di acara Partai Buruh di Sydney, Australia, Minggu, 22 Mei 2022, setelah Perdana Menteri Scott Morrison mengakui kekalahan dari Albanese dalam pemilihan federal. (Foto: AP/Rick Rycroft)
Anthony Albanese dari Partai Buruh, Perdana Menteri Australia Terpilih
Pemimpin Oposisi Australia, Anthony Albanese, dari Partai Buruh berfoto selfie dengan para siswa selama kunjungan ke Cabra Dominican College sebagai bagian dari kampanye pemilihan federal di Adelaide, Australia, pada Jumat, 20 Mei 2022. (Foto: Reuters)
Anthony Albanese dari Partai Buruh, Perdana Menteri Australia Terpilih
Perdana Menteri terpilih Australia, Anthony Albanese, kanan, dengan anjingnya Toto, di pangkuannya, berfoto bersama anggota masyarakat sambil minum kopi di Sydney, Minggu, 22 Mei 2022. Albanese berjanji untuk merehabilitasi reputasi internasional Australia tentang perubahan iklim yang lamban dengan pemotongan tajam untuk emisi gas rumah kaca. (Foto: Dean Lewins/AAP via AP)

MELBOURNE, SATUHARAPAN.COM-Di sebuah bar populer di jantung kota Melbourne pada tahun 2016, seorang pria paruh baya yang agak gemuk berdiri di belakang meja putar memimpin penonton menyanyikan lagu Iggy Pop “The Passenger.”

“Ini adalah hal yang baik untuk bersenang-senang, serta melawan Tories,” teriaknya kepada penonton, yang ditanggapi dengan tepuk tangan dan nyanyian “Albo, Albo, Albo.”

Enam tahun kemudian, syal, t-shirt, dan bir telah hilang, diganti dengan jas, dasi, dan kacamata kulit penyu yang bergaya. Dan dia akan dilantik sebagai perdana menteri ke-31 Australia.

Itu untuk Anthony Albanese, 59 tahun, sebuah transformasi pribadi terjadi setelah dia bertabrakan dengan kendaraan lain di dekat rumahnya di pinggiran kota Sydney pada Januari 2021, kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya.

“Saya berada satu kaki dari check-out, dan saya sangat beruntung, katanya kepada majalah The Monthly di Australia awal tahun ini. "Itu melakukan beberapa hal untukmu."

Dia mengubah penampilannya sepenuhnya, mendorong petahana PM Ausralia, Scott Morrison, untuk menuduhnya mencoba menjadi “orang lain di jalur kampanye.”

Tapi Albanese, yang dibesarkan oleh seorang ibu tunggal di perumahan umum, bersikeras bahwa dia hanya memutuskan untuk menjadi sehat. "Itu hal yang bagus," katanya. Pada saat yang sama, ia mengubah strategi politik Partai Buruh, membuka jalan bagi kemenangan pemilihan pada hari Sabtu (21/5)  yang menggulingkan petahana dari konservatif Morrison setelah sembilan tahun berkuasa.

Memimpin Partai

Tiga tahun lalu, Albanese mengambil alih sebuah partai yang putus asa dan frustrasi setelah kekalahan mengejutkan bagi Partai Buruh. Dia kemudian dengan sengaja menghindari kritik terhadap strategi pandemi pemerintah, dan malah bekerja dengan Morrison di puncak wabah COVID-19.

Tapi dia berputar dari pendekatan itu menjelang pemilihan. Alih-alih menargetkan perubahan radikal, seperti yang tidak berhasil dilakukan Partai Buruh pada 2019, Albanese malah berfokus pada memberikan keuntungan nyata bagi pemilih dalam masalah “roti dan mentega”, dan berulang kali memukul Morrison atas kegagalan pemerintahannya.

“Saya berharap ada keluarga di perumahan umum yang menonton malam ini, kata Albanese dalam pidato kemenangannya pada Sabtu (21/5) malam. “Karena saya ingin setiap orang tua dapat memberi tahu anak mereka di mana pun Anda tinggal atau dari mana Anda berasal, di Australia pintu peluang terbuka untuk kita semua.

Tantangan Pemerintah Antony Albanese

Albanese akan mengambil kendali ekonomi Australia, di mana biaya hidup dan suku bunga telah meningkat lebih cepat daripada upah riil di tengah membengkaknya defisit fiskal dan utang nasional yang tinggi.

Apakah dia memerintah dengan mayoritas parlemen atau tidak, dia harus bekerja dengan anggota parlemen yang terdiri dari Partai Hijau dan independen pro-iklim yang ingin melihat pengurangan emisi yang lebih signifikan dan rencana konkret untuk menjauh dari bahan bakar fosil.

Albanese adalah salah satu perdana menteri pertama dalam beberapa dekade yang memiliki pendidikan kelas pekerja. Dia secara teratur mengatakan bahwa dia dibesarkan untuk mencintai tiga hal sejak dia lahir: Gereja Katolik, tim liga rugbi South Sydney Rabbitohs, dan Partai Buruh. Dia mengembangkan kecintaan seumur hidup pada musik, politik dan olah raga, dan bahkan memiliki bir yang dinamai menurut namanya, Albo Corn Ale.

Berbicara di Melbourne pada hari terakhir kampanye, Albanese menangis saat memberikan penghormatan kepada ibunya, mengatakan fakta bahwa dia adalah calon perdana menteri berbicara dengan "keberaniannya."

“Awal hidupnya yang sangat sederhana telah benar-benar membentuknya dalam hal nilai-nilainya, dan pendekatannya terhadap kehidupan dan pemerintahan,” kata Nicholas Reece, mantan penasihat senior mantan Perdana Menteri dari Partai Buruh, Julia Gillard, dan rekan utama di University of Melbourne.

Namun, Reece mengatakan terlepas dari latar belakang kirinya yang keras dan akar kelas pekerjanya, Albanese tidak akan menjadi “pemimpin radikal atau revolusioner.

“Dia akan menjadi perdana menteri yang melakukan reformasi, dia akan menjadi perdana menteri yang bijaksana dan dia akan menjadi perdana menteri yang memahami peran sangat penting yang dimainkan pemerintah dalam perbaikan kehidupan masyarakat, kata mantan penasihat Partai Buruh.

Faksi Kiri Partai Buruh

Albanese bergabung dengan Partai Buruh segera setelah ia mulai kuliah dan dengan cepat menjadi pialang kekuasaan terkemuka di faksi sayap kiri partai. Dia memenangkan kursi di Parlemen federal, mewakili lingkungan kelas pekerja tempat dia dibesarkan, dan pada usia 33 tahun dia dilantik sebagai anggota Grayndler pada tahun 1996.

Sebagai pejuang faksi yang kuat untuk kiri Partai Buruh, Albanese dianggap sebagai pemain politik yang cerdik oleh lawan-lawannya dan orang-orang di dalam partainya. Sama seperti karir politiknya selama beberapa dekade membuatnya banyak musuh, Albanese juga mengumpulkan sejumlah sekutu dekat dalam kepemimpinan senior Partai Buruh seperti Mark Butler dan Penny Wong, yang akan menjadi menteri luar negeri.

Di parlemen, Albanese mengembangkan reputasi sebagai salah satu "anjing penyerang”, anggota yang diarahkan untuk meruntuhkan pihak lain, membiarkan partai mereka memimpin agar terlihat lebih positif dan megah.

Dia menerima peran itu dan mempertahankannya ketika Partai Buruh mengambil alih kekuasaan pada 2007 setelah 11 tahun lama menjadi oposisi di bawah Perdana Menteri John Howard.

Dalam sebuah wawancara dengan media lokal selama kampanye, Howard menggambarkan Albanese sebagai “pelempar bom sayap kiri. Albanese mengatakan bahwa karakterisasi membuatnya “tidak bermasalah.”

Albanese juga memiliki kursi barisan depan untuk perselisihan intra partai yang kacau antara Gillard dan mantan Perdana Menteri, Kevin Rudd, yang memicu satu dekade perubahan kepemimpinan di puncak politik Australia. Albanese adalah salah satu dari sedikit politisi yang tetap dipercaya oleh kedua belah pihak selama perebutan kekuasaan.

Seorang Negosiator

Sebagai Pemimpin DPR selama pemerintahan minoritas Gillard, Albanese mengembangkan reputasi sebagai negosiator yang terampil, sesuatu yang dapat membantunya setelah pemilihan 2022. Dia bekerja dengan independen dan partai-partai kecil untuk mengatur berjalannya reformasi besar termasuk harga karbon nasional dan Skema Asuransi Disabilitas Nasional.

“Dia mempelajari persatuan, seluruh partai telah belajar jika Anda menempuh jalan perpecahan atau keputusan jangka pendek, Anda berakhir di tempat yang buruk, kata Michelle Grattan, seorang rekan profesor di Universitas Canberra yang telah menulis tentang politik negara selama beberapa dekade. “Dia akan cukup berhati-hati,” tambahnya. “Saya pikir dia akan sangat bergantung pada tim.”

Di jalur kampanye, orang Albanese jauh lebih bersahaja daripada Morrison. Sebaliknya, Albanese terlihat sedikit canggung saat bertemu publik. Dia malah akan tertarik pada bayi dan anjing. Selama set tahun 2016 di Melbourne's Corner Hotel, ia mendedikasikan salah satu lagu untuk anjingnya, Toto.

Selama kampanye, Albanese akan senang dengan penyebutan proyek pembangunan bangsa dan dengan senang hati akan menyebutkan prestasinya di bidang tersebut. Bagaimanapun, dia adalah menteri infrastruktur Australia selama enam tahun, melalui dua pergantian perdana menteri dan beberapa pergantian kabinet.

Merasa Diremehkan

Sementara strategi pemilihannya berhasil, Albanese secara pribadi memiliki kampanye yang kasar. Dia tersandung angka ekonomi dan rincian kebijakan dengan cara yang beberapa pejabat Partai Buruh berpikir akan berakibat fatal.

Meskipun menang, Partai Buruh hanya mendapatkan sekitar 33% suara utama sejauh ini, sebagai hasil terburuknya dalam beberapa dekade dan terendah untuk pemerintahan yang akan datang sejak Perang Dunia II.

Tapi itu tidak mengganggu Albanese pada malam pemilihan. Mengenakan setelan jas, dia berkata bahwa dia “telah diremehkan sepanjang hidup saya sambil menguraikan visi optimis untuk Australia yang memberdayakan perempuan, menangani perubahan iklim dengan serius dan memperhatikan keluarga yang bekerja pada saat inflasi tertinggi dalam beberapa dekade.

“Saya di sini bukan untuk menempati ruang, tetapi untuk membuat perbedaan positif setiap hari, tambahnya.

Dengan setelan barunya yang berkancing, kadang-kadang dia terlihat sebagai Albanese lama. Selama acara untuk memulai kampanye enam pekan di bulan April, dia tetap setia pada penampil akar rocker-nya pada kelas pekerjanya. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home