Loading...
SAINS
Penulis: Kartika Virgianti 15:01 WIB | Senin, 14 Oktober 2013

Apa yang Terkandung dalam Chicken Nugget?

Produk ayam olahan McNuggets di McDonalds Amerika Serikat. (Foto: en.wikipedia.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Dalam masyarakat modern ini, orang telah menciptakan bahan makanan yang berasal dari unggas maupun daging sapi, menjadi produk makanan cepat saji. Makanan ini seringkali diklaim dalam iklan-iklan produk mereka mengandung protein. Tapi apakah zat gizi protein benar-benar ada khususnya dalam chicken nugget?

Peneliti dari University of Mississippi Medical Center di Amerika Serikat (AS) mencari tahu apa yang terkandung dari makanan cepat saji chicken nugget. Tahun 2011 di Amerika Serikat miliaran kilogram ayam broiler diternakan dan dijual, berdasarkan laporan dari Dewan Ayam Nasional di AS (National Chicken Council/NCC), sekitar 50 persennya dibuat menjadi nugget dan produk sejenis.

Namun, para peneliti menemukan bahwa semua produk nugget yang dijual, tidak mengandung daging dari dada ayam, sebagaimana kebanyakan diklaim oleh restoran makanan cepat saji dan produk ayam olahan lainnya.

Daging ayam bukanlah komponen dominan dari nugget, para peneliti mencatat dalam penelitian mereka. Kandungan lemak terdapat dalam jumlah yang sama atau lebih banyak bersamaan dengan kandungan jaringan epitel, tulang, saraf, dan jaringan ikat. Epitel adalah salah satu dari empat jenis jaringan hewan, yang melapisi suatu struktur dan saluran dalam tubuh.

Penelitian ini akhirnya menyimpulkan bahwa “produk chicken nugget kandungannya kebanyakan lemak, dan klaim para pengusaha tersebut adalah keliru.”

Sebuah penelitian sebelumnya diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology menemukan bahwa hingga 30 persen dari daging ayam olahan terdiri dari lemak. Akan tetapi penelitian terbaru ini mengungkapkan bahkan berpotensi lebih dari 30 persen dari nugget ayam dibuat dari lemak.

Namun restoran makanan cepat saji dan pengusaha produk ayam olahan di AS, bagaimanapun juga, tetap berpendapat bahwa produk nugget mereka terbuat dari 100 persen daging ayam dan tidak mengandung bahan-bahan yang lainnya. (medicaldaily.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home