Loading...
EKONOMI
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 07:03 WIB | Kamis, 16 Mei 2013

Apartemen, Hunian Nyaman Menguntungkan

Apartemen, Hunian Nyaman Menguntungkan
Indonesia Property Watch ( dok: foto-foto IPW)
Apartemen, Hunian Nyaman Menguntungkan
Executive Director Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Memiliki hunian layak dan nyaman merupakan mimpi banyak orang, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Tuntutan pekerjaan yang tinggi, menyebabkan pekerja yang tinggal di Jakarta, tiba di rumah dalam kondisi lelah dan butuh segera beristirahat dengan nyaman. Namun terbatasnya lahan, menyebabkan semakin tingginya harga rumah di kota Jakarta. Hal ini menyebabkan banyak orang terpaksa membeli rumah di kota-kota penunjang, yang cukup memakan jarak, waktu, energi , untuk dapat mencapainya.

Karena itu dicarilah solusi yang lebih baik. Hunian yang tidak memakan jarak, waktu, energi, sehingga bisa memaksimalkan produktivitas. Salah satu solusi praktis adalah Apartemen.Walaupun dari segi ekonomi, harga apartemen tidak bisa dikatakan murah. Namun peminatnya tidak pernah surut.

Menurut Executive Director Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, apartemen di Indonesia dibedakan menjadi dua kelas. Apartemen kelas menengah dan apartemen kelas atas atau high class. Dari sisi prospek pertumbuhan apartemen di Indonesia, secara keseluruhan masih cukup baik. Terlihat dengan tingkat harga yang rata-rata naik 25 persen setiap tahunnya, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Menurut Ali, memasuki tahun 2013 pertumbuhan apartemen sedikit mengalami perubahan. Pada  tahun-tahun sebelumnya, penjualan apartemen high class sangat tinggi. Namun untuk dua tahun terakhir penjualan apartemen high class melemah, hanya berkisar di angka 15 sampai 20 persen. Di tahun ini yang menjadi primadona adalah apartemen kelas menengah dengan kisaran harga 300 juta sampai 600-an juta rupiah.

“Bisnis apartemen masih menjanjikan, khususnya di daerah Jabodetabek. Karena kepemilikan apartemen saat ini masih didominasi oleh investor, dengan perbandingan 70 persen investor dan 30 persen pemilik,” kata Ali Tranghanda, dalam wawancara pada Satu Harapan.

Masih menurut Ali, bagi masyarakat yang ingin berinvestasi pada sektor properti, apartemen merupakan pilihan yang aman, walaupun apartemen notabene not landed house.

“Aman, yang penting dan harus benar-benar diperhatikan mengenai status tanah, ijin, dan siapa pengembangnya,” tutupnya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home