Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 13:08 WIB | Senin, 23 Maret 2015

April, Gelaran Pesta Mode di Senayan City

Veri Y Setiadi (mengenakan batik, keempat dari kiri), CEO Senayan City, memberikan keterangan dalam Preview Press Conference Fashion Nation, pergelaran fashion akbar tahunan pusat perbelanjaan di Jakarta selatan itu, 18 Maret. (Foto: Bonar Hutagalung)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Senayan City yang menyebut diri sebagai the most fashionable shopping destination di Jakarta Selatan, kembali menggelar agenda fashion tahunan, Senayan City Fashion Nation. Mengusung tema “Ninth Edition”, pesta mode itu digelar 9 – 18 April.

Fashion Nation Ninth Edition, seperti disampaikan CEO Senayan City Veri Y Setiady dalam acara temu wartawan di pusat perbelanjaan itu Rabu (18/3), menghadirkan berbagai gelaran bertemakan fashion. Mengulang kesuksesan pada tahun-tahun sebelumnya, Fashion Nation kali ini kembali menghadirkan ajang fashion berkelas untuk menyambut hadirnya bakat-bakat baru di usaha kreatif fashion Indonesia.

Gelaran Fashion Nation yang ke-9 tahun ini akan menjadi tahun bersejarah karena untuk pertama kalinya menghadirkan tamu desainer adibusana Thailand, Ek Thongprasert, yang namanya telah menjadi sebuah household name dengan beberapa lini busana terkenal di Eropa dan Asia.

“Hadir sebagai highlight, kami mempertemukan desainer Ek Thongprasert dengan desainer kebanggaan Indonesia Mel Ahyar untuk menampilkan koleksi premium mereka,” kata Veri.

Fashion Nation kali ini juga menghadirkan Capsule Collection, suatu kolaborasi Senayan City dengan A-List Fashion Designer yang akan menampilkan koleksi batik edisi terbatas.

Gelaran Runway Hits akan menutup rangkaian pesta mode itu, yang kali ini mengangkat tema “Celebrasian”. Ditampilkan desainer-desainer Indonesia dan Asia yang kerap hadir membawakan rancangan di berbagai gelaran pekan mode lokal maupun Asia. Empat desainer dan label yang dihadirkan kali ini, pada Sabtu, 18 April, diharapkan bisa menjadi bintang baru yang bersinar dalam dunia fashion baik di tingkat lokal maupun mancanegara, yakni Austere by Tri Handoko dan Stella Rissa dari Indonesia, label Q Design & Play dari Thailand, dan Atsuki Takahashi dari Jepang.

Selain peragaan busana, Fashion Nation juga menghadirkan sebuah instalasi seni karya desainer Didi Budiardjo bertema “Sawunggaling” di Promenade Atrium, Ground Floor. Didi, dalam pergelaran tahunannya sebelumnya, mengemukakan instalasi seni itu terinspirasi dari dua maestro batik Indonesia, yakni KRT Hardjonagoro Go Tik Swan dan Iwan Tirta. Pada pameran itu Didi akan memberi translasi dari simbolisme yang sudah dikenal dari zaman dulu dengan gaya modern.

Instalasi  yang akan menggunakan LED screen dan video mapping itu menggambarkan motif Sawunggaling yang bermakna kesuburan, kemakmuran, dan kekayaan alam Indonesia. Fashion Nation Ninth Edition juga menjadi menjadi sarana Didi dalam merayakan 25 tahun perjalanan kariernya di usaha kreatif mode.

Kolaborasi fashion lain yang hadir adalah Pop Up Scarves Installation by Patrick Owen. Pop Up Scarves Installation akan berada di Senayan City mulai 9 April sampai 9 Juni. Pada akhir program, hasil dari penjualan  scarves tersebut akan disumbangkan kepada yayasan sosial.   

Berbagai program fashion juga turut memeriahkan selama Fashion Nation Ninth Edition digelar. Di antaranya Hijab Runway by Wardah, Celebrities Runway, serta Kid’s Love Fashion. Brand favorit turut mempresentasikan tren barunya di pekan mode itu, di antaranya Bebe, Debenhams, GAP, Mothercare, Gingersnaps, serta brand lokal Pevita Pearce, JII by Gloria, Localfest. 

Penghargaan bagi Ikon Fashion

Style Makers Award, apresiasi Senayan City kepada insan yang telah menjadi ikon dalam dunia fashion di Indonesia, masih tercantum dalam rangkaian acara Fashion Nation. Tahun ini Style Makers Award digelar tersendiri dalam Style Makers Award Party, setelah gelaran Opening Night, 9 April. Kolaborasi dengan Nikki Beach, the world famous beach club dan luxurious brands yang menggabungkan elemen fashion, dining, hiburan, musik, film, dan seni, diharapkan akan memeriahkan suasana.

Para pemenang Style Makers Award tahun-tahun sebelumnya akan memeriahkan acara dengan menjadi host, di antaranya Andien (2013), Rio Dewanto (2012), Kelly Tandiono (2012), dan Andrea Risjad (2011). Style Makers Award akan selalu menjadi kejutan bagi pengamat fashion yang akan membawa gelar Style Makers tahun ini. Beberapa kategori telah ditentukan yakni Most Stylish Female Celebrity, Most Stylish Male Celebrity, Most Stylish Socialite, Most Stylish Model, dan Most Stylist Social Media Darling.

Kehadiran Utt dan Sonia Couling sebagai Infinite New Face Senayan City pada acara Opening Night, 9 April, diharapkan semakin memeriahkan suasana. Pemilihan Utt dan Sonia Couling tersebut didasarkan atas prestasi yang berhasil mereka raih di usia muda dalam dunia hiburan, baik sebagai fashion model, TV personality, host, maupun aktor dan aktris dengan fan base yang sangat loyal dan tersebar di Asia,” Veri menjelaskan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home