Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Bayu Probo 08:23 WIB | Minggu, 06 Maret 2016

APTB Tak Boleh Masuk Jakarta, Penumpang Pindah Transjakarta

Bus Angkutan Perbatasan Terintergrasi Busway (APTB) melintas jalur khusus Transjakarta. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta mulai memberlakukan aturan pengoperasian Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) hanya sampai halte Transjakarta yang terluar atau berbatasan langsung dengan Kota Jakarta.

“Mulai hari ini, kami mulai menerapkan aturan untuk APTB, yaitu APTB hanya boleh beroperasi sampai halte Transjakarta yang paling luar. Jadi, tidak sampai masuk ke wilayah Jakarta,” kata Kepala Dishubtrans DKI Andri Yansyah di Jakarta, Sabtu (5/3).

Sebelum kebijakan tersebut mulai diberlakukan pada hari ini, menurut dia, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI mengenai sosialisasi kebijakan itu.

“Sebelumnya, kami sudah mengirim surat kepada Organda agar melakukan sosialisasi mengenai aturan itu ke APTB. Sehingga, mulai hari ini, APTB tidak lagi masuk ke dalam kota (Jakarta),” ujar Andri.

Selanjutnya, dia menuturkan, para penumpang APTB dapat menggunakan bus Transjakarta untuk memasuki wilayah Jakarta. Pihaknya sengaja memulai penerapan aturan itu pada Sabtu ini mengingat jumlah penumpang yang tidak terlalu banyak.

“Kebijakan itu memang sengaja kami mulai pada akhir pekan karena jumlah penumpangnya tidak terlalu banyak. Diharapkan, warga tidak kaget dan menyesuaikan diri dengan aturan itu,” tutur Andri.

Dia mengungkapkan untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang di halte-halte Transjakarta terluar, pihaknya akan menambah jumlah armada bus di setiap rute APTB. Saat ini, ada 31 bus yang akan dioperasikan untuk menambah daya angkut penumpang.

“Selain itu, ada juga 50 bus Transjabodetabek yang akan segera dioperasikan secara bertahap di rute-rute APTB tersebut. Yang pasti, para penumpang yang turun di halte Transjakarta tidak perlu membayar lagi saat berpindah ke bus Transjakarta,” ungkap Andri. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home