Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 15:36 WIB | Sabtu, 10 Juli 2021

Arab Saudi: Idul Adha Jatuh pada Hari Selasa, 20 Juli

Sebuah gambar yang diambil pada 29 Juli 2020 menunjukkan peziarah saat menjaga jarak sosial sebagai tindakan pencegahan virus corona saat mengelilingi Ka'bah, tempat suci umat Islam, di tengah Masjidil Haram di kota suci Mekah, pada awal ibadah haji tahunan. (Foto: dok. AFP)

MEKAH, SATUHARAPAN.COM-Arab Saudi telah mengumumkan hari raya Idul Adha pada hari Selasa (20/7), menurut laporan kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA), pada hari Jumat (9/7).

Departemen yang memantau penampakan bulan sabit “memutuskan bahwa ibadah di Arafah bagi jemaah haji dilakukan pada hari Senin tanggal 9 Dzulhijjah 1442 H, bertepatan dengan 19 Juli 2021 Masehi. Idul Adha yang jatuh pada tanggal hari berikutnya, pada hari Selasa,” menurut SPA.

Panitia yang memantau penampakan bulan mengatakan bulan tidak terlihat pada hari Jumat malam, menambahkan bahwa hari Sabtu akan melengkapi 30 hari bulan Dzulhijjah.

Hari raya umat Islam itu memperingati hari Nabi Ibrahim rela mengorbankan putranya sebagai bentuk ketaatan kepada perintah Allah. Ini dirayakan satu hari setelah ziarah haji tahunan berakhir.

Tahun ini menandai ibadah haji kedua yang akan berlangsung di bawah langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 yang ketat.

Pada bulan Juni, otoritas Saudi mengumumkan ziarah akan dibatasi hanya untuk 60.000 orang yang sudah tinggal di negara itu. Sedangkan tahun lalu, hanya sekitar 1.000 orang yang diizinkan melakukan haji.

Sebanyak 558.270 orang telah mendaftar untuk melakukan ibadah haji tahun ini dan Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan pada hari Jumat pemilihan kandidat yang memenuhi syarat. Disebutkan jemaah haji akan dipilih yang memenuhi syarat untuk yang tinggal di sana dari 150 negara. (SPA)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home