Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:59 WIB | Jumat, 13 Juni 2014

Area Bawah Tanah Monas Segera Direalisasikan

Pekerja mengoperasikan alat berat dalam Proyek Penanggulangan Banjir di kawasan Danau Sunter Agung, Jakarta Utara , Jumat (13/6). Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, banjir di DKI Jakarta masih sulit diatasi karena pembangunan infrastruktur penanganannya masih membutuhkan waktu tiga tahun. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana segera merealisasikan pembangunan area bawah tanah di kawasan wisata Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

"Rencana pembangunan area bawah tanah Monas itu akan segera kita wujudkan, karena kita tidak mau lagi bertoleransi dengan para pedagang kaki lima (PKL)," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (13/6).

Menurut Basuki, keberadaan PKL yang berjualan di dalam kawasan Monas sangat mengganggu pengunjung dan juga merusak keindahan kota.

"Padahal, sebetulnya sejak zaman pemerintahan Gubernur Sutiyoso, PKL yang berdagang di dalam Monas sudah dipindahkan ke lapangan IRTI Monas. Tapi, satu per satu, para pedagang itu kembali berjualan lagi di dalam kawasan Monas," ujar Basuki.

Dia menuturkan pada tahun ini, pihaknya segera menyelesaikan desain ruang bawah tanah Monas. Setelah itu, kira-kira pada 2015, pembangunan fisiknya mulai dilaksanakan.

"Sementara itu, untuk menentukan siapa saja pedagang yang boleh menempati ruang bawah tanah tersebut, kita akan melakukan seleksi. Jadi, penempatannya juga tidak boleh sembarangan," tutur Basuki.

Terkait pemanfaatan ruang bawah tanah di Monas, Pemprov DKI telah melakukan perbaikan terhadap Rencana Pedoman Pembangunan Fisik Monas yang disusun pada 1997.

Dalam perbaikan tersebut, telah disempurnakan mengenai rencana pembangunan ruang bawah tanah di Monas. Salah satu rencana yang diperbaiki, yakni lorong dalam ruang bawah tanah yang dapat dilalui warga sambil berjalan kaki. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home