Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 05:22 WIB | Sabtu, 06 Agustus 2022

Arkelog Israel Menggali Situs Yang Diduga Tempat Makam Yosua

Pemandangan di Khirbet Tibnah. (Foto: Yoram Hofman/TJP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Para arkeolog telah mulai menggali di Khirbet Tibnah di Tepi Barat, Israel, sebuah situs di mana manusia telah menetap selama sekitar 4.000 tahun dan yang diyakini sebagai tempat tinggal dan dikuburkannya Yosua, pemimpin Israel setelah Musa. Proyek penggalian di situs tersebut diumumkan pada hari Senin (1/8).

Penggalian dipimpin oleh Dr. Dvir Raviv dan mahasiswa dari Departemen Studi Tanah Israel dan Arkeologi Bar-Ilan, bersama dengan sukarelawan dari Israel dan luar negeri.

Khirbet Tibnah terletak di sebuah bukit di barat daya wilayah Samaria, timur Shoham dekat Halamish. Situs ini dihuni dari Zaman Perunggu hingga awal periode Ottoman, menurut Bar-Ilan.

Situs ini juga diidentifikasi sebagai Timnat-sini atau Timnat-serah, sebuah kota yang menurut Kitab Yosua, diberikan oleh orang Israel kepada nabi dan di mana dia tinggal dan dimakamkan. Makam Kaleb, tokoh alkitabiah lain,  juga diyakini berada di situs tersebut.

Situs ini disurvei pada tahun 1800-an dan disebutkan dalam sejumlah dokumen sejarah. Sisa-sisa dari periode Alkitab, periode Hasmonean, periode Romawi dan periode Ottoman ditemukan di situs sepanjang tahun 1900-an.

Pemetaan rinci situs dilakukan oleh Raviv pada tahun 2015, membuat sketsa makam, mengumpulkan pecahan tembikar dan mendokumentasikan berbagai sisa-sisa dan gua pemakaman, menunjukkan bukti keberadaan pemukiman Yahudi di daerah tersebut di masa lalu.

Sementara survei dilakukan di permukaan, ini adalah penggalian arkeologi pertama di Khirbet Tibnah. Pekan lalu, selama persiapan dan survei yang dilakukan di situs puncak bukit menjelang pembukaan musim penggalian, para arkeolog menemukan sejumlah artefak, termasuk kepala tombak Romawi yang berasal dari abad ke-2 Masehi. Ujung tombaknya bengkok, menandakan itu mengenai sesuatu.

"Mungkin ini adalah bukti perjuangan kekerasan. Pada titik ini, kami hanya bisa menebak," kata Raviv dalam pernyataan pers Bar-Ilan, seraya menambahkan bahwa penemuan senjata Romawi dianggap langka di Israel.

"Biasanya, temuan jenis ini ditemukan di gua-gua penampungan yang digunakan oleh para pemberontak tentara Romawi. Dalam penggalian saat ini, saya harap kita dapat menghubungkan temuan itu dengan kehadiran militer Romawi atau dengan pemberontakan Bar Kochba."

Tembikar dan 18 koin juga ditemukan di situs tersebut, dengan empat koin terawetkan dengan cukup baik untuk memungkinkan identifikasi. Salah satu koin adalah koin Romawi dari tahun 58-59 M, sementara yang lain adalah koin perak dari periode Mamluk (1260-1277) yang di atasnya terpampang patung singa. Sosok singa adalah simbol dari Sultan Baibars Mamluk.

"Daerah ini adalah yang terbesar dan paling mudah diakses dari jenisnya di antara Yerusalem dan Samaria. Selain itu, ini adalah ibu kota sebuah distrik dan merupakan situs benteng penting selama banyak periode," kata Raviv. "Secara umum, tidak jelas bahwa seorang arkeolog Israel akan melakukan penggalian di Yudea dan Samaria akhir-akhir ini. Saat ini hanya sedikit yang melakukannya."

"Tampaknya [Khirbet] Tabna diharapkan menghasilkan temuan yang signifikan dan menarik."

"Tujuan saya dalam proyek ini adalah untuk memahami garis besar arsitektur pemukiman: apakah memang dibentengi seperti yang dijelaskan dalam sumber?" tambah sang arkeolog.

"Siapa yang tinggal di sana pada periode pra-Hasmonean? Apakah pemukiman menyebar di luar puncak gundukan, menuju lereng? Akankah kita menemukan barang-barang di dalamnya yang dapat dikaitkan dengan kehadiran militer di periode yang berbeda? Tampaknya (Khirbet) Tibnah diharapkan menghasilkan temuan yang signifikan dan menarik." (TJP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home