Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:50 WIB | Jumat, 15 Maret 2024

AS Akan Kirim Senjata ke Ukraina Senilai US$ 300 Juta

Orang-orang berjalan dengan barang-barang mereka keluar dari gedung apartemen yang hancur setelah serangan Rusia pada hari Selasa di Kiev, Ukraina, 3 Januari 2024. Kongres dari Partai Demokrat pada hari Selasa, 12 Maret 2024, meluncurkan upaya jangka panjang untuk mendorong bantuan sebesar US$ 95 miliar untuk Ukraina, Israel dan Taiwan melakukan pemungutan suara. Langkah ini meningkatkan tekanan pada Ketua Kongres, Mike Johnson, untuk menerima paket pendanaan asing. (Foto: dok. AP/Efrem Lukatsky)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pentagon akan mengirimkan senjata senilai US$ 300 juta ke Ukraina setelah menemukan sejumlah penghematan biaya dalam kontrak-kontraknya, meskipun militer masih terlalu banyak melakukan penarikan dan membutuhkan setidaknya US$ 10 miliar untuk mengisi kembali semua senjata yang telah ditarik dari persediaannya ke Ukraina, membantu perjuangan melawan Rusia, Gedung Putih mengumumkan pada hari Selasa (12/3).

Ini adalah paket keamanan pertama yang diumumkan Pentagon untuk Ukraina sejak bulan Desember, ketika Pentagon mengakui bahwa pihaknya kehabisan dana untuk pengisian ulang. Baru-baru ini para pejabat secara terbuka mengakui bahwa mereka tidak hanya kehabisan uang untuk membeli senjata pengganti, tetapi juga kelebihan penarikan sebesar US$ 10 miliar.

Pengumuman ini muncul ketika Ukraina kehabisan amunisi dan upaya untuk mendapatkan dana segar untuk membeli senjata terhenti di Kongres karena adanya tentangan dari Partai Republik. Para pejabat Amerika telah bersikeras selama berbulan-bulan bahwa Amerika tidak akan dapat melanjutkan pengiriman senjata sampai Kongres menyediakan dana tambahan untuk pengisian ulang, yang merupakan bagian dari rancangan undang-undang belanja tambahan yang terhenti.

Dana pengisian ulang ini memungkinkan Pentagon untuk menarik amunisi, sistem pertahanan udara, dan senjata lain yang ada dari persediaan cadangannya di bawah otoritas penarikan presiden, atau PDA, untuk dikirim ke Ukraina dan kemudian menandatangani kontrak untuk memesan penggantinya, yang diperlukan untuk menjaga kesiapan militer AS.

“Ketika pasukan Rusia maju dan melepaskan tembakan, Ukraina tidak memiliki cukup amunisi untuk membalas,” kata penasihat keamanan nasional, Jake Sullivan, saat mengumumkan bantuan tambahan sebesar US$ 300 juta.

Pentagon juga memiliki Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina, atau USAI, yang memungkinkannya mendanai kontrak jangka panjang dengan industri untuk memproduksi senjata baru bagi Ukraina.

Pejabat senior pertahanan yang memberi pengarahan kepada wartawan mengatakan Pentagon dapat mendapatkan penghematan biaya dalam beberapa kontrak jangka panjang sekitar US$ 300 juta dan, mengingat situasi medan perang, memutuskan untuk menggunakan penghematan tersebut untuk mengirim lebih banyak senjata.

Para pejabat mengatakan penghematan biaya pada dasarnya mengimbangi paket baru dan menjaga pengeluaran pengisian ulang sebesar US$ 10 miliar.

Salah satu pejabat mengatakan bahwa paket tersebut merupakan “one time shot” – kecuali Kongres meloloskan rancangan anggaran tambahan, yang mencakup sekitar US$ 60 miliar bantuan militer untuk Ukraina, atau ada penghematan biaya yang lebih besar. Senjata tersebut diperkirakan mencakup rudal anti pesawat, peluru artileri, dan sistem lapis baja, kata pejabat itu.

“Ini bukan cara yang berkelanjutan untuk mendukung Ukraina,” kata Mayjen Pat Ryder, sekretaris pers Pentagon, dan menyebutnya sebagai “kesepakatan yang hanya terjadi satu kali” sehingga para pejabat tidak dapat merencanakan hal ini terjadi lagi.

Pengumuman bantuan tersebut disampaikan ketika para pemimpin Polandia berada di Washington untuk menekan AS agar memecahkan kebuntuan mengenai dana untuk Ukraina pada saat kritis dalam perang tersebut. Presiden Polandia, Andrzej Duda, bertemu dengan Presiden Joe Biden pada hari Selasa setelah bertemu dengan para pemimpin Demokrat dan Republik di Kongres dan Senat pada hari sebelumnya.

Ketua Kongres, Mike Johnson, sejauh ini menolak untuk menerapkan paket senilai US$ 95 miliar, yang mencakup bantuan untuk Ukraina, Israel, dan Taiwan. Berusaha untuk memberikan tekanan pada ketua Partai Republik, Partai Demokrat di Kongres telah meluncurkan upaya jangka panjang untuk memaksakan pemungutan suara melalui petisi pemberhentian. Prosedur yang jarang berhasil ini memerlukan dukungan mayoritas anggota parlemen, atau 218 anggota, untuk memindahkan paket bantuan ke pemungutan suara.

Situasi di Ukraina menjadi lebih mengerikan, dengan unit-unit di garis depan menjatah amunisi ketika mereka menghadapi pasukan Rusia yang jauh lebih banyak pasokannya. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, telah berulang kali memohon bantuan kepada Kongres, namun pimpinan Partai Republik di Kongres belum bersedia mengajukan bantuan kepada Ukraina untuk pemungutan suara, dengan mengatakan bahwa bantuan apa pun harus terlebih dahulu memenuhi kebutuhan keamanan perbatasan.

Para pejabat Pentagon mengatakan pada hari Senin dalam pengarahan anggaran bahwa mereka mengandalkan dana tambahan untuk menutupi kekurangan pengisian dana sebesar US$ 10 miliar. “Jika kami tidak mendapatkan dana sebesar US$ 10 miliar, kami harus mencari cara lain,” kata Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks. “Saat ini kami sangat fokus pada kebutuhan tambahan tersebut.”

Ini adalah kedua kalinya dalam waktu kurang dari sembilan bulan Pentagon “menemukan” uang yang akan digunakan untuk pengiriman senjata tambahan ke Ukraina. Juni lalu, para pejabat pertahanan mengatakan mereka melebih-lebihkan nilai senjata yang dikirim AS ke Ukraina sebesar US$ 6,2 miliar selama dua tahun terakhir.

Pada saat itu, para pejabat Pentagon mengatakan sebuah tinjauan menemukan bahwa dinas militer menggunakan biaya penggantian daripada nilai buku peralatan yang diambil dari persediaan Pentagon dan dikirim ke Ukraina. Penemuan tersebut menghasilkan surplus yang digunakan departemen tersebut untuk paket penarikan presiden hingga akhir Desember.

Amerika Serikat telah memberikan bantuan keamanan senilai lebih dari US$ 44,9 miliar ke Ukraina sejak awal pemerintahan Biden, termasuk lebih dari US$ 44,2 miliar sejak awal invasi Rusia pada 24 Februari 2022.

Pentagon kelebihan dana sebesar US$ 10 miliar persediaan minyak mentah sebagian karena tekanan inflasi, dan sebagian lagi karena sistem baru yang Pentagon cari untuk menggantikan sistem lama dengan biaya yang lebih mahal, seperti Precision Strike Missile, atau PrSM, yang akan dibeli oleh Angkatan Darat untuk menggantikannya. Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat jarak jauh, atau ATACMS.

Sebagian besar amunisi tersebut berasal dari persediaan Angkatan Darat karena sifat perang darat konvensional di Ukraina.

Bulan-bulan tanpa pengiriman dukungan AS lebih lanjut telah merugikan operasi, dan pasukan Ukraina menarik diri dari kota Avdiivka di bagian timur bulan lalu, tempat para pembela yang jumlahnya lebih banyak menahan serangan Rusia selama empat bulan.

Direktur CIA, William Burns, mengatakan kepada Kongres bahwa seluruh unit Ukraina telah memberitahunya dalam beberapa hari terakhir tentang penggunaan beberapa lusin peluru artileri dan amunisi terakhir mereka. Burns menyebut mundurnya pasukan Ukraina dari Avdiivka sebagai kegagalan pasokan amunisi, bukan kegagalan kemauan Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home