Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:18 WIB | Kamis, 14 Maret 2024

Drone Ukraina Serang Fasilitas Minyak, Rusia Klaim Bunuh 234 Tentara Ukraina

Kilang minyak Rusia di wilayah Nizhny Novgorod yang terbakar akibat serangan drone Ukraina. (Foto: Ist)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Drone jarak jauh Ukraina meledak pada dua fasilitas minyak di dalam wilayah Rusia pada hari Selasa (12/3), kata para pejabat, sementara serangan bersenjata yang diklaim oleh penentang Kremlin yang berbasis di Ukraina membuat takut wilayah perbatasan hanya beberapa hari sebelum pemilihan presiden Rusia.

Serangan gelombang drone di delapan wilayah Rusia menunjukkan peningkatan kapasitas teknologi di Kiev seiring perang memasuki tahun ketiga. Serangan darat lintas batas ini juga melemahkan argumen Presiden Vladimir Putin bahwa kehidupan di Rusia tidak terpengaruh oleh perang, meskipun ia tetap yakin untuk memenangkan masa jabatan enam tahun lagi setelah menyingkirkan semua oposisi.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pasukan militer dan keamanan Moskow membunuh 234 pejuang saat menggagalkan serangan tersebut. Dalam sebuah pernyataan, kementerian tersebut menyalahkan serangan tersebut pada “rezim Kiev” dan “formasi teroris Ukraina.”

Kementerian itu menegaskan bahwa militer Rusia dan pasukan perbatasan mampu menghentikan para penyerang dan mencegah serangan lintas batas. Dikatakan juga para penyerang kehilangan tujuh tank dan lima kendaraan lapis baja.

Laporan mengenai pertempuran di perbatasan pada hari Selasa (12/3) pagi tidak jelas, dan tidak mungkin untuk memastikan dengan pasti apa yang terjadi di wilayah Kursk dan Belgorod di Rusia. Serangan lintas batas di wilayah tersebut telah terjadi secara sporadis sejak perang dimulai dan telah menjadi sasaran klaim dan tuntutan balik, serta disinformasi dan propaganda.

Tentara yang menurut pejabat Kiev adalah sukarelawan Rusia yang berjuang untuk Ukraina mengaku telah melintasi perbatasan. Legiun Kebebasan Rusia, Korps Relawan Rusia, dan Batalyon Siberia merilis pernyataan dan video di media sosial yang mengklaim menunjukkan mereka berada di wilayah Rusia. Mereka mengatakan mereka menginginkan “Rusia terbebas dari kediktatoran Putin.”

Keaslian video tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen.

Pejuang yang keluar dari Ukraina berusaha mencapai kota Tetkino, yang terletak dekat perbatasan, menurut gubernur wilayah Kursk Rusia, Roman Starovoit. Dia mengatakan Tetkino sedang ditembaki. “Ada upaya kelompok sabotase dan pengintaian untuk menerobos. Terjadi baku tembak, tapi tidak ada terobosan,” katanya melalui pesan video di Telegram.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan Tetkino berhasil dihalau, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Dikatakan juga bahwa pejuang Ukraina melakukan setidaknya empat upaya untuk menyeberang ke wilayah Belgorod tetapi semua serangan berhasil digagalkan oleh pesawat tempur, artileri dan rudal.

Perwakilan badan intelijen Ukraina, Andrii Yusov, mengatakan kepada media Ukrainska Pravda bahwa kelompok militer tersebut terdiri dari warga negara Rusia. “Di wilayah Federasi Rusia, mereka beroperasi sepenuhnya secara mandiri dan mandiri,” katanya.

Pada bulan Mei, Rusia menuduh puluhan militan Ukraina menyeberang ke salah satu kota perbatasannya di wilayah Belgorod, menyerang sasaran dan memaksa evakuasi, sebelum lebih dari 70 penyerang terbunuh atau dipukul mundur oleh pihak berwenang yang disebut sebagai operasi kontraterorisme. Para pejabat Ukraina membantah adanya kaitan dengan kelompok tersebut.

Serangan Drone Ukraina

Sementara itu, satu drone Ukraina menyerang dan membakar kilang minyak di wilayah Nizhny Novgorod, menurut gubernur wilayah tersebut Gleb Nikitin. Wilayah itu terletak sekitar 775 kilometer (480 mil) dari perbatasan Ukraina.

Dalam serangan besar lainnya, sebuah drone ditembak jatuh di wilayah Moskow, kata Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin. Meskipun jatuh jauh di selatan pusat kota, drone tersebut berada dekat dengan Bandara Zhukovsky, salah satu dari empat bandara internasional Mocow.

Drone lainnya menghantam depot minyak di Oryol, 116 kilometer (95 mil) dari Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan tahun lalu bahwa negaranya telah mengembangkan senjata yang dapat mencapai target sejauh 700 kilometer (400 mil), yang merujuk pada drone.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan drone Ukraina juga dicegat pada hari Selasa di wilayah Belgorod, Bryansk, Kursk, Leningrad dan Tula di Rusia.

Kiev semakin melancarkan serangan berani di belakang garis depan sepanjang 1.500 kilometer (930 mil) yang melintasi Ukraina timur dan selatan. Mereka juga semakin banyak mengerahkan drone laut di Laut Hitam, tempat mereka mengklaim telah menenggelamkan kapal perang Rusia.

Pasukan Kiev mengharapkan lebih banyak pasokan militer dari mitra-mitra Ukraina di Barat, namun pada saat yang sama mereka sedang berjuang melawan tentara Rusia yang lebih besar dan memiliki perlengkapan yang lebih baik yang melakukan tekanan keras di titik-titik garis depan tertentu di wilayah Ukraina.

Zelensky mengatakan kemajuan Rusia baru-baru ini terhenti dan situasi medan perang kini jauh lebih baik dibandingkan tiga bulan terakhir.

“Kami mengalami beberapa kesulitan karena kurangnya peluru artileri, senjata jarak jauh, penghalang langit, dan tingginya kepadatan drone Rusia,” kata Zelenskyy dalam wawancara dengan BFM TV Prancis dan Le Monde yang diterbitkan hari Senin (11/3) malam di situs kepresidenan Ukraina.

Juga pada hari Selasa, sebuah pesawat angkut berat Il-76 milik angkatan udara Rusia dengan 15 orang di dalamnya jatuh saat lepas landas dari pangkalan udara di wilayah Ivanovo di Rusia barat, kata Kementerian Pertahanan. Pernyataannya tidak merinci apakah ada yang selamat. Kementerian mengatakan kebakaran mesin saat lepas landas kemungkinan menjadi penyebab kecelakaan itu.

Di Ukraina, tiga orang tewas dan 44 lainnya terluka pada hari Selasa malam akibat serangan rudal Rusia di kota Kryvyi Rih, kampung halaman Zelenskyy, kata para pejabat Ukraina. Serhii Lysak, gubernur wilayah Dnipropetrovsk tempat kota itu berada, mengatakan dua bangunan tempat tinggal rusak. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home