Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:51 WIB | Jumat, 25 November 2022

AS Bantu Ukraina Amunisi dan Generator Senilai Rp 6,2 Triliun

Sersan Staf Angkatan Udara AS, Cody Brown, kanan, dengan Skuadron Pelabuhan Udara ke-436, memeriksa palet peluru 155 mm yang akhirnya menuju Ukraina, 29 April 2022, di Pangkalan Angkatan Udara Dover, AS. (Foto: dok. AP/Alex Brandon)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat mengirimkan tambahan amunisi dan generator senilai US$ 400 juta (setara Rp 6,2 triliun) ke Ukraina, Gedung Putih mengumumkan hari Rabu (23/11). Juga menarik peralatan dari persediaannya sendiri untuk memberikan dukungan ke Kiev secepat mungkin karena Rusia terus menargetkan sumber energi Ukraina dan musim dingin tiba.

Termasuk bantuan terbaru, AS telah memberikan lebih dari US$19 miliar (setara Rp 295 triliun) senjata dan peralatan lainnya ke Ukraina sejak serangan Rusia pada 24 Februari. Paket bantuan baru akan diberikan melalui otoritas penarikan presiden, yang memungkinkan Pentagon mengambil senjata dari stok dan segera mengirimkannya ke Ukraina.

Paket terbaru termasuk 200 generator, jumlah putaran tambahan yang dirahasiakan untuk sistem pertahanan udara NASAMS canggih dan sistem artileri HIMARS yang telah dikirim AS ke Ukraina, 150 senapan mesin berat dengan pembidik termal untuk menembak jatuh drone, 10.000 mortir 120 mm dan 20 juta butir amunisi senjata kecil, di antara barang-barang lainnya, kata Pentagon.

Sekarang di bulan kesembilan, baku tembak yang intens di Ukraina telah membuat kedua belah pihak menembakkan ribuan amunisi setiap hari, dari peluru untuk senjata kecil hingga rudal jelajah seukuran truk. Sebagai tanda betapa intensnya pertempuran darat, AS hingga saat ini telah menyediakan 104 juta butir amunisi senjata kecil ke Ukraina.

“Dengan serangan rudal dan (drone) Rusia yang tak henti-hentinya dan brutal terhadap infrastruktur energi kritis Ukraina, kemampuan pertahanan udara tambahan tetap menjadi prioritas mendesak,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan. “Amunisi tambahan untuk NASAMS dan senapan mesin berat akan membantu Ukraina melawan ancaman mendesak ini.”

Namun, dorongan senjata yang terus berlanjut ke Kiev menimbulkan pertanyaan tentang berapa lama AS dan negara-negara mitra dapat terus mempertahankan pertempuran tanpa merusak kesiapan militer mereka sendiri. Banyak negara Eropa telah mengatakan bahwa mereka telah mendorong semua kelebihan yang mampu mereka kirimkan.

Pekan lalu, pembeli senjata utama Pentagon, Bill LaPlante, melakukan perjalanan ke Brussel untuk bertemu dengan perwakilan dari 45 negara mitra untuk membahas beberapa prioritas utama Ukraina, termasuk lebih banyak sistem pertahanan udara dan senjata jarak jauh. Mereka membahas upaya koordinasi untuk menjaga aliran senjata dengan mengidentifikasi kemampuan basis industri pertahanan masing-masing serta rantai pasokan dan kendala produksi yang mereka hadapi, kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Aliran senjata datang ketika pemerintahan Biden berusaha untuk memberikan tambahan US$ 37 miliar (setara Rp 375 triliun) dalam bantuan militer dan kemanusiaan untuk Ukraina selama sesi pasca pemilihan Kongres, sebelum Partai Republik mengambil alih kendali DPR pada bulan Januari. Beberapa anggota Republik, termasuk pembicara potensial Kevin McCarthy (Republik-California), mempertanyakan jumlah uang yang dihabiskan untuk Ukraina. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home