Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:59 WIB | Selasa, 23 Agustus 2022

AS Beli Biji-bijian Ukraina untuk Bantu Negara Dilanda Kelaparan

AS Beli Biji-bijian Ukraina untuk Bantu Negara Dilanda Kelaparan
Kepala Program Pangan Dunia (WFP), David Beasley, bertemu dengan penduduk desa di desa Wagalla di Kenya utara, hari Jumat, 19 Agustus 2022. Amerika Serikat meningkatkan pembelian sekitar 150.000 metrik ton biji-bijian dari Ukraina dalam beberapa pekan ke depan untuk membantu atasi kelaparan. (Foto-foto: AP/Brian Inganga)
AS Beli Biji-bijian Ukraina untuk Bantu Negara Dilanda Kelaparan
Warga berjalan di samping keledai mereka membawa kayu di desa Bulla Hagar di Kenya utara Jumat, 19 Agustus 2022.

KENYA, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat meningkatkan pembelian sekitar 150.000 metrik ton biji-bijian dari Ukraina dalam beberapa pekan ke depan untuk pengiriman bantuan makanan mendatang dari pelabuhan yang tidak lagi diblokade oleh perang, kata kepala Program Pangan Dunia kepada The Associated Press.

Tujuan akhir untuk biji-bijian tidak dikonfirmasi dan diskusi berlanjut, kata David Beasley. Tapi pengiriman yang direncanakan, salah satu dari beberapa badan PBB yang memerangi kelaparan sedang diupayakan. Sudah lebih dari enam kali jumlah biji-bijian yang kapal pertama yang diatur WFP dari Ukraina sekarang menuju orang-orang di Tanduk Afrika yang berisiko kelaparan.

Beasley berbicara pada hari Jumat (19/8) dari Kenya utara, yang dilanda kekeringan yang melanda wilayah Tanduk Afrika. Dia duduk di bawah pohon berduri di antara perempuan lokal yang mengatakan kepada bahwa terakhir kali hujan turun pada tahun 2019.

Komunitas orang-orang yang kurus, dan mereka menghadapi musim hujan yang gagal lagi dalam beberapa pekan yang dapat membuat sebagian wilayah, terutama tetangga Somalia, mengalami kelaparan. Sudah, ribuan orang meninggal.

Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan 22 juta orang kelaparan.“Saya pikir ada kemungkinan besar kita akan memiliki deklarasi kelaparan” dalam beberapa pekan mendatang, kata Beasley.

Dia menyebut situasi yang dihadapi Tanduk Afrika sebagai “badai yang sempurna di atas badai yang sempurna, tsunami di atas tsunami” ketika wilayah yang rawan kekeringan itu berjuang untuk mengatasi tingginya harga pangan dan bahan bakar yang sebagian didorong oleh perang di Ukraina.

Kapal pertolongan pertama yang ditunggu-tunggu dari Ukraina membawa 23.000 metrik ton biji-bijian, cukup untuk memberi makan 1,5 juta orang dengan ransum penuh selama sebulan, kata Beasley. Gandum itu diperkirakan akan berlabuh di Djibouti pada 26 atau 27 Agustus, dan gandum itu seharusnya dikirim melalui darat ke Ethiopia utara, di mana jutaan orang di wilayah Tigray, Afar dan Amhara tidak hanya menghadapi kekeringan tetapi juga konflik mematikan.

Menyidir Negara-negara Teluk

Ukraina adalah sumber dari setengah gandum yang dibeli WFP tahun lalu untuk memberi makan 130 juta orang yang kelaparan. Rusia dan Ukraina menandatangani perjanjian dengan PBB dan pemerintah Turki bulan lalu untuk memungkinkan ekspor gandum Ukraina untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia pada Februari.

Tetapi pembukaan kembali pelabuhan Ukraina yang lambat dan pergerakan kapal kargo yang berhati-hati melintasi Laut Hitam tidak akan menyelesaikan krisis keamanan pangan global, kata Beasley. Dia memperingatkan bahwa negara-negara kaya harus berbuat lebih banyak untuk menjaga agar gandum dan bantuan lain mengalir ke bagian-bagian paling lapar di dunia, dan dia menyebutkan nama-nama.

"Dengan keuntungan minyak yang begitu tinggi saat ini, keuntungan yang memecahkan rekor, miliaran dolar setiap pekan, ... negara-negara Teluk perlu membantu, perlu meningkatkan dan melakukannya sekarang," kata Beasley. “Tidak bisa dimaafkan untuk tidak melakukannya. Terutama karena ini adalah tetangga mereka, ini adalah saudara mereka, keluarga mereka.”

Dia menegaskan Program Pangan Dunia dapat menyelamatkan “jutaan nyawa” hanya dengan satu hari keuntungan minyak negara-negara Teluk.

China juga perlu membantu, kata Beasley. “China adalah ekonomi terbesar kedua di dunia, dan kami mendapat banyak pujian dari China,” atau sangat sedikit, tambahnya.

Meskipun gandum meninggalkan Ukraina dan harapan pasar global mulai stabil, orang-orang paling rentan di dunia menghadapi pemulihan yang panjang dan sulit, kata kepala WFP. “Bahkan jika kekeringan ini berakhir, kita berbicara tentang krisis pangan global setidaknya selama 12 bulan lagi,” kata Beasley. “Tetapi dalam hal yang termiskin dari yang miskin, perlu beberapa tahun untuk keluar dari ini.”

Beberapa orang termiskin di dunia tanpa makanan yang cukup berada di Kenya utara, di mana bangkai hewan perlahan-lahan ditelanjangi di bawah langit yang tidak ramah. Jutaan ternak, sumber kekayaan dan nutrisi keluarga, mati dalam kekeringan. Banyak pompa air yang kering. Lebih dan lebih ribuan anak kekurangan gizi.

“Jangan lupakan kami,” kata warga Hasan Mohamud kepada Beasley. “Bahkan unta pun telah menghilang. Bahkan keledai pun menyerah.”

Dengan begitu banyak orang yang membutuhkan, bantuan yang datang bisa hilang seperti rintik hujan di pasir. Perempuan lokal yang memenuhi syarat untuk pemberian uang tunai WFP menggambarkan mengambil 6.500 shilling (sekitar US$54) dan membaginya di antara tetangga mereka, dalam satu kasus, untuk 10 rumah tangga.

"Hal paling menarik yang kami dengar adalah orang-orang berkata, 'Kami bukan satu-satunya,'" kata petugas program WFP, Felix Okech, kepada AP. “‘Kami yang terpilih (untuk handout), tapi masih banyak lagi yang seperti kami.’ Jadi itu sangat merendahkan hati untuk didengar.”

Dalam kerumunan kecil yang berkumpul untuk mendengarkan cerita tentang anak-anak yang terlalu lemah untuk berdiri dan susu menjadi kering, seorang perempuan di tepi tikar anyaman plastik angkat bicara. Sahara Abdilleh, 50 tahun, mengatakan bahwa dia mungkin menghasilkan 1.000 shilling (US$8,30) sepekan dari mengumpulkan kayu bakar, menjelajahi lanskap yang semakin berkurang setiap hari. Seperti Beasley, dia berpikir secara global.

"Adalah negara mana saja, seperti Afghanistan atau Ukraina, yang lebih buruk dari kita?” dia bertanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home