Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:39 WIB | Senin, 22 Agustus 2022

Singapura Dekriminalisasi Hubungan Seks Antar Laki-laki

Ribuan orang berkumpul di sebuah taman untuk acara tahunan kebanggaan gay, Pink Dot, pada Sabtu, 1 Juli 2017, di Singapura. Singapura mengumumkan pada hari Minggu, 21 Agustus 2022, akan mendekriminalisasi hubungan seks antara laki-laki dengan mencabut undang-undang era kolonial sambil melindungi norma-norma tradisional negara-kota dan definisi pernikahan. (Foto: dok. AP/Wong Maye)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM-Singapura akan mendekriminalisasi hubungan seks antar laki-laki dengan mencabut undang-undang era kolonial, tetapi akan mengubah konstitusi untuk memastikan pernikahan sesama jenis tidak diperbolehkan, kata pemimpin negara kota itu, hari Minggu (21/8).

Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengatakan dia yakin mencabut undang-undang itu adalah "hal yang benar untuk dilakukan sekarang" karena sebagian besar warga Singapura sekarang akan menerima dekriminalisasi.

“Perilaku seksual pribadi antara orang dewasa yang menyetujui tidak menimbulkan masalah hukum dan ketertiban. Tidak ada pembenaran untuk menuntut orang karena itu atau menjadikannya kejahatan,” kata Lee. “Ini akan membawa hukum sesuai dengan adat istiadat sosial saat ini dan saya berharap memberikan bantuan kepada gay Singapura.”

Selama pidatonya di National Day Rally tahunan, Lee bersumpah pencabutan akan dibatasi dan tidak menggoyahkan keluarga tradisional Singapura dan norma-norma sosial termasuk bagaimana pernikahan didefinisikan, apa yang diajarkan anak-anak di sekolah, apa yang ditampilkan di televisi dan perilaku masyarakat umum.

Dia mengatakan pemerintah akan mengamandemen konstitusi untuk memastikan bahwa tidak ada tantangan konstitusional untuk mengizinkan pernikahan sesama jenis.

“Bahkan saat kami mencabut Pasal 377A, kami akan menegakkan dan menjaga institusi pernikahan,” kata Lee. “Kita harus mengubah konstitusi untuk melindunginya. Dan kami akan melakukannya. Ini akan membantu kami mencabut Bagian 377A dengan cara yang terkendali dan hati-hati.”

Bagian pasal 377A KUHP diperkenalkan di bawah pemerintahan kolonial Inggris pada 1930-an. Pemerintahan Inggris atas pulau itu berakhir pada tahun 1963 ketika Singapura menjadi negara bagian Malaysia. Ini menjadi independen dua tahun kemudian tetapi mempertahankan KUHP, yang membuat hubungan seks antara laki-laki dapat dihukum hingga dua tahun penjara.

Sejak 2007, ketika Parlemen terakhir memperdebatkan apakah akan mencabut Bagian 377A, posisinya adalah untuk menjaga hukum tetapi tidak menegakkannya.

Tapi pria gay mengatakan hukum menggantung di atas kepala mereka dan mendiskriminasi mereka. Ribuan aktivis setiap tahun menggelar rapat umum di negara-kota yang dikenal sebagai "Pink Dot" untuk mendukung komunitas LGBTQ.

Lee mengatakan dia berharap langkah pemerintah akan membantu mendamaikan dan mengakomodasi kekhawatiran kelompok agama konservatif dan keinginan kaum gay Singapura untuk dihormati dan diterima.

“Semua kelompok harus menahan diri, karena hanya itu satu-satunya cara kita bisa maju bersama sebagai bangsa,” katanya. “Saya berharap keseimbangan baru akan memungkinkan Singapura untuk tetap menjadi masyarakat yang toleran dan inklusif selama bertahun-tahun yang akan datang.”

Salah satu keponakan Lee, Li Huanwu, adalah gay. Putra dari adik laki-laki Lee yang terasing, Lee Hsien Yang, menikah dengan pasangannya di Afrika Selatan pada tahun 2019. Li Huanwu telah menghadiri acara Pink Dot bersama pasangan dan orang tuanya.

Bekas koloni Inggris lainnya masih mempertahankan undang-undang serupa yang mengkriminalisasi hubungan seks antar laki-laki, termasuk negara tetangganya, Malaysia di mana mantan wakil perdana menteri dipenjara dua kali karena sodomi. Dia dijatuhi hukuman pada tahun 2000 dan lagi pada tahun 2014, dalam kasus-kasus yang menurut para kritikus bermotif politik.

Pada tahun 2018, India mendekriminalisasi seks gay setelah Mahkamah Agung dalam keputusan bersejarahnya menjatuhkan Bagian pasal 377 yang menghukum seks gay hingga 10 tahun penjara. Beberapa negara Asia juga telah bergerak untuk melegalkan pernikahan sesama jenis, dengan Taiwan sebagai yang pertama pada tahun 2019. Thailand juga baru-baru ini menyetujui rencana yang mengizinkan penyatuan sesama jenis. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home