Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 05:51 WIB | Minggu, 21 Mei 2023

AS Gelar Pertemuan Indo-Pasifik di KTT G-7, di Tengah Kekhawatiran Utang Membengkak

Presiden AS, Joe Biden, kiri, berbicara dengan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, tengah, Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, kedua kanan, dan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen selama sesi foto keluarga para pemimpin G7 dan negara-negara yang diundang selama G-7 Leaders' Summit di Hiroshima, Jepang bagian barat, hari Sabtu, 20 Mei 2023. (Foto: Brendan Smialowski/pool via AP)

HIROSHIMA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pada hari Sabtu (20/5) meminta untuk menggalang kerja sama regional melawan China di sela-sela KTT Kelompok Tujuh (G-7) sambil menghadapi kebuntuan di Washington tentang bagaimana memastikan AS menghindari gagal bayar.

Berharap untuk menghindari hasil yang akan mengguncang ekonomi global dan terbukti menjadi keuntungan bagi Beijing, Biden membuka hari ketiganya di Jepang pada pertemuan tahunan negara-negara demokrasi paling kuat di dunia dengan pengarahan staf tentang penyesuaian terbaru dan dimulai dalam pembicaraan mengenai cara menaikkan batas utang federal.

Presiden pada hari Sabtu juga mengadakan pertemuan yang bertujuan untuk menantang pembangunan China di seluruh Indo-Pasifik, termasuk dengan apa yang disebut kemitraan Quad dari AS, Australia, Jepang, dan India.

Anggota Quad awalnya dijadwalkan untuk bertemu di Sydney pekan depan, tetapi dijadwal ulang di sela-sela G7 untuk memungkinkan Biden kembali ke Washington pada hari Minggu (21/5) pagi dengan harapan menyelesaikan kesepakatan untuk meningkatkan plafon utang sebelum AS kehabisan uang tunai untuk membayar tagihannya.

Perjalanan yang dipersingkat telah memperkuat ketegangan mendasar yang membentuk kepresidenan Biden: Saat dia mencoba memberi sinyal kepada dunia bahwa AS merebut kembali jubah kepemimpinan global, pada saat-saat penting, drama domestik terus menghalangi.

Presiden sebagian besar menghindari perhatian publik di KTT, mengabaikan pernyataan publik yang besar dan meninggalkan makan malam pemimpin hari Jumat (19/5) lebih awal. Sebaliknya, dia menghabiskan waktu dengan monitor video di sebuah kamar di sebelah suite hotelnya, di mana para pembantunya di Washington terus memberi tahu dia bolak-balik tentang pembicaraan batas utang.

Penasihat keamanan nasional, Jake Sullivan, mengakui bahwa para pemimpin dunia telah menekan Biden tentang kebuntuan di Washington. Tetapi sekretaris pers, Karine Jean-Pierre, mengatakan bahwa, meskipun ada minat yang kuat tentang bagaimana presiden akan menyelesaikan pertikaian domestik yang memiliki konsekuensi geopolitik, tidak ada kepanikan, setidaknya belum.

"Ini bukan jenis situasi yang mudah terbakar," katanya.

Juga di sela-sela KTT, Biden mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, sebagai pengganti kunjungan yang sekarang dibatalkan ke negaranya. Pejabat AS mengatakan perjalanan itu akan dijadwal ulang, dan Biden telah mengundang Albanese ke Washington untuk kunjungan kenegaraan sebagai penghiburan untuk perubahan.

Biden meminta maaf karena melewatkan Australia. Albanese mengatakan dia mengerti keadaannya. "Saya akan melakukan hal yang persis sama," katanya kepada Biden, menambahkan, "Saya sangat menantikan kunjungan kenegaraan."

Para pemimpin menandatangani perjanjian yang kompak untuk memperdalam kemitraan mereka dalam mengembangkan bahan mentah yang digunakan dalam teknologi energi bersih, karena mereka masing-masing berupaya mengalihkan pasokan dari ketergantungan pada China. Mereka juga mengeluarkan pernyataan bersama yang menguraikan bidang kerja sama baru di bidang luar angkasa, perdagangan, dan pertahanan.

Presiden juga menugaskan Menteri Luar Negeri, Antony Blinken, untuk mengisi tempatnya di pertemuan puncak negara-negara Kepulauan Pasifik di Papua Nugini pada hari Senin (22/5). Perhentian kepresidenan itu juga dibatalkan untuk membawa Biden kembali ke Washington lebih cepat.

Kunjungan Biden akan menjadi yang pertama oleh seorang presiden Amerika ke negara itu. Negara-negara kepulauan Pasifik sedang didekati secara agresif oleh AS dan China karena kedua negara adidaya bersaing untuk mendapatkan pengaruh di bagian dunia di mana jalur pelayaran sangat penting.

Di Hiroshima, Biden dan para pemimpin dunia lainnya menyepakati kerangka kerja bersama untuk meningkatkan ketahanan ekonomi mereka sendiri, sebuah pengakuan bahwa tingkat perdagangan yang tinggi dengan China telah menjadi lebih berisiko daripada peluang bagi ekonomi yang matang.

Sullivan mengatakan para pemimpin G-7 akan mengakui bahwa “kami berusaha untuk bekerja sama dengan China dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama. Dan juga bahwa kami akan bekerja untuk mengatasi masalah signifikan kami yang kami miliki dengan China di berbagai bidang.” Dia mengulangi ungkapan yang sering digunakan oleh para pemimpin G-7 bahwa kelompok itu ingin “mengurangi risiko, bukan memisahkan diri dari China.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home