Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 05:43 WIB | Minggu, 21 Mei 2023

Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi dengan PM Kanada, Justin Trudeau

Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau pada Sabtu, 20 Mei 2023, di Hiroshima, Jepang. (Foto: BPMI Setpres)

HIROSHIMA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo meminta dukungan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau terkait perjanjian kerja sama ekonomi kedua negara. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara dalam pertemuan bilateral dengan PM Trudeau pada hari Sabtu, 20 Mei 2023, di Hiroshima, Jepang.

“Mohon dukungan Yang Mulia terkait penyelesaian perjanjian Indonesia-Kanada CEPA, realisasi investasi Pension Funds Kanada yang fokus di pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara, pembangunan mekanisme pendanaan untuk feasibility study bagi proyek greenfield di Indonesia,” kata Presiden.

Presiden juga berharap terjadinya percepatan terhadap realisasi pengembangan bandara hijau di Kalimantan Utara, eksplorasi dan pengayaan logam tanah jarang, serta pembentukan satuan tugas bilateral. Presiden pun mengapresiasi dukungan negara-negara anggota G-7, termasuk Kanada dalam membantu transisi energi Indonesia.

“Saya harap dukungan dana US$ 20 miliar dapat segera direalisasikan tapi tidak dalam bentuk utang,” kata Presiden.

Terkait ketahanan pangan, Presiden mendorong implementasi kesepakatan antara BUMN Indonesia dan Canadian Commercial Corporation terkait pasokan potas dan gandum.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan PM Trudeau turut membahas mengenai ASEAN, termasuk situasi di Myanmar.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa KTT ASEAN-Kanada akan digelar pada September tahun 2023 mendatang di Indonesia. “Sampai jumpa di Jakarta, PM Trudeau,” tutur Presiden.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home