Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:17 WIB | Selasa, 24 November 2015

Turnbull: Dunia Tidak Dukung Pengiriman Pasukan ke Suriah

Malcolm Turnbull saat mengumumkan jajaran kabinet baru dalam jumpa pers pertama di podium Perdana Menteri di gedung parlemen beberapa waktu lalu. (Foto: ABC)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, pada hari Selasa (24/11) mengatakan tidak ada dukungan global untuk pengiriman pasukan darat pimpinan Amerika Serikat (AS) guna menghancurkan ISIS, seraya memperingatkan upaya untuk mengalahkan kelompok ekstremis tersebut tidak pernah kuat.

Seruan itu dikemukakan di Canberra terkait pengiriman pasukan darat di Suriah guna memerangi ancaman ISIS dan kelompok militan lainnya.

Namun, setelah menghadiri serangkaian konferensi tingkat tinggi global terbaru, Turnbull dalam pidato keamanan nasional kepada parlemen mengatakan tidak ada yang tertarik dengan langkah tersebut.

“Saya melaporkan kepada Parlemen bahwa konsensus dari para pemimpin yang saya temui dalam G20. APEC dan East Asia Summit adalah saat ini tidak ada yang mendukung pengiriman pasukan darat negara-negara Barat yang dipimpin AS untuk berupaya menaklukan dan menduduki sejumlah wilayah yang dikuasai ISIS,” katanya.

Komentarnya mengulangi sikap yang sama dari Presiden AS Barack Obama yang mengatakan dalam konferensi tingkat tinggi G20 di Turki bahwa para pemimpin ISIS “tidak akan memiliki tempat berlindung di negara mana pun,” menjanjikan pemburuan tanpa henti terhadap kelompok ekstremis itu, namun tidak mengirimkan pasukan darat AS.

Australia selama berbulan-bulan beroperasi secara aktif di Irak, dan baru-baru ini mulai melancarkan serangan udara di Suriah. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home