Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:39 WIB | Jumat, 02 Juli 2021

AS Hentikan Pengembangan Senjata Railgun, Apa Itu?

Senjata futuristik yang menembakkan proyektil menggunakan listrik hingga kecepatan tujuh kali kecepatan suara.
AS Hentikan Pengembangan Senjata Railgun, Apa Itu?
Foto bertanggal Kamis, 23 Februari 2012, yang disediakan oleh Angkatan Laut AS, gambar kamera berkecepatan tinggi menangkap tembakan energi penuh oleh peluncur prototipe railgun elektromagnetik di fasilitas uji di Dahlgren, AS. Angkatan Laut telah menghentikan penelitian tentang senjata futuristik yang menembakkan proyektil hingga tujuh kali kecepatan suara menggunakan listrik. (Foto-foto: Angkatan Laut AS oleh John F. Williams via AP)
AS Hentikan Pengembangan Senjata Railgun, Apa Itu?
Foto bertanggal 23 Februari 2012, yang disediakan oleh Angkatan Laut AS, menunjukkan peluncur prototipe railgun elektromagnetik di Naval Surface Warfare Center, fasilitas uji Divisi Dahlgren di Dahlgren.

BATH, MAINE, SATUHARAPAN.COM-Angkatan Laut Amerika Serikat menghentikan, untuk saat ini, pengembangan senjata futuristik yang menembakkan proyektil hingga tujuh kali kecepatan suara menggunakan listrik.

Angkatan Laut menghabiskan lebih dari satu dekade mengembangkan railgun elektromagnetik dan pernah mempertimbangkan untuk menempatkannya di kapal perusak kelas Zumwalt baru yang dibangun di Bath Iron Works, Maine.

Tetapi Departemen Pertahanan mengalihkan perhatiannya ke rudal hipersonik untuk bersaing dengan China dan Rusia, dan Angkatan Laut memotong dana untuk penelitian railgun dari proposal anggaran terbarunya.

“Railgun itu, untuk saat ini, mati,” kata Matthew Caris, seorang analis pertahanan di Avascent Group, sebuah perusahaan konsultan.

Beralih ke Rudal Hipersonik

Penghapusan dana menunjukkan Angkatan Laut melihat tantangan dalam menerapkan teknologi serta kekurangan dalam jangkauan proyektil dibandingkan dengan rudal hipersonik, katanya.

Keputusan Angkatan Laut untuk menghentikan penelitian pada akhir tahun membebaskan sumber daya untuk rudal hipersonik, sistem energi terarah seperti laser dan sistem peperangan elektronik, kata Lt. Courtney Callaghan, juru bicara Angkatan Laut.

Informasi yang diperoleh selama pengujian akan disimpan jika Office of Naval Research ingin melanjutkannya di masa depan, katanya.

Semua mengatakan, Angkatan Laut menghabiskan sekitar US$ 500 juta (Setara Rp 7,2 triliun) untuk penelitian dan pengembangan, menurut Bryan Clark, seorang analis di Institut Hudson.

Teknologi ini hampir membuat lompatan dari fiksi ilmiah ke kenyataan di abad ke-21 dengan pengujian prototipe. Konsep tersebut memiliki kemungkinan untuk menyediakan senjata yang efektif dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan bom pintar dan misil.

Itu karena railgun menggunakan listrik, bukan mesiu, atau mesin jet atau roket, untuk mempercepat proyektil dengan kecepatan enam atau tujuh kali kecepatan suara. Itu menciptakan energi kinetik yang cukup untuk menghancurkan target.

Tapi ada sejumlah masalah. Itu termasuk jarak sekitar 110 mil dalam pengujian. Sebuah kapal Angkatan Laut tidak dapat menggunakan senjata tanpa menempatkan dirinya dalam jangkauan rentetan rudal musuh. Dan kegunaannya untuk pertahanan rudal juga dibatasi oleh jangkauan dan kecepatan tembakan, kata Clark.

Ide dari Tahun 1940-an

Idenya sudah ada sejak tahun 1940-an. Tetapi selalu ada rintangan besar karena rel paralel, atau konduktor, dikenai arus listrik besar dan gaya magnet yang dapat menyebabkan kerusakan setelah beberapa tembakan, kata analis pertahanan Norman Friedman.

Sebuah pertanyaan besar selalu muncul: apakah senjata itu bisa tetap bertahan selama penembakan terus menerus, kata Friedman.

Pistol biasa dapat ditembakkan sekitar 600 kali sebelum laras harus diperbaharui, tetapi laras pada prototipe railgun harus diganti setelah sekitar selusin atau dua lusin tembakan, kata Clark.

Beberapa tahun yang lalu, Angkatan Laut berbicara tentang menempatkan senjata di masa depan USS Lyndon B. Johnson, yang terakhir dari tiga kapal perusak siluman. Ini hampir selesai dan uji coba pembangunan di Bath Iron Works.

Kapal perang sepanjang 600 kaki (180 meter) menggunakan turbin laut yang mirip dengan yang mendorong Boeing 777 untuk membantu menghasilkan hingga 78 megawatt listrik untuk digunakan dalam propulsi, senjata dan sensor.

Itu lebih dari cukup listrik untuk railgun, dan kapal memiliki ruang setelah pembatalan sistem senjata canggih, sehingga kapal meninggalkan senjata berbasis meriam konvensional.

Sebaliknya, Angkatan Laut mengejar cabang dari railgun, proyektil hypervelocity, yang dapat ditembakkan dari sistem senjata yang ada. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home