Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 10:52 WIB | Kamis, 12 Desember 2013

Dua Lukisan Damien Hirst Digondol Maling di Inggris

Karya Damien Hirst Pyronin Y yang dicuri. (Foto: Metropolitan Police)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Dua karya orisinal milik seniman Inggris Damien Hirst telah dicuri dari sebuah galeri di London, kata polisi pada Selasa (10/12).

Kedua karya seni tersebut, yang keduanya berasal dari seri warna-warni “spot painting” Hirst, jika dijumlahkan bernilai sekitar 33.000 pound (sekitar Rp 646,5 juta), menurut pihak kepolisian Scotland Yard.

Kedua karya seni itu dicuri dari Exhibitionist Gallery di London barat, Senin (9/12) dini hari. Pencuri itu membuka paksa pintu depan galeri dan menaruh dua lukisan itu di mobil hatchback, kata Scotland Yard.

Satu lukisan yang berukuran lebih besar bernama “Pyronin Y” dibuat pada 2005 dan bernilai sekitar 15.000 pound (sekitar Rp 293,9 juta). Sementara lukisan Hirst yang berukuran lebih kecil, “Oleoylsarcosine”, bernilai 18.000 pound (sekitar Rp 352,6 juta), dibuat pada 2008.

“Tampaknya tersangka telah mengincar dua karya tersebut,” kata Sersan Detektif Jon Lightfoot dari kepolisian lokal Kensington dan Chelsea, “Kedua karya itu kemungkinan disimpan di bagian belakang mobil dan kami tengah mencari saksi atau siapa pun yang memiliki informasi untuk diberikan.”

Hirst (48) melambung namanya sebagai salah satu seniman Young British Artists yang mendominasi dunia seni era 1990-an. Ia memenangkan Turner Prize bergengsi untuk seni kontemporer pada 1995. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home