Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 12:26 WIB | Senin, 11 Maret 2024

AS: Keputusan Gencatan Senjata Ada di Tangan Hamas

Kegagalan negosiasi pembebasan sandera di Kairo akibat penyimpangan dari proposal Paris, kurang fokus pada tahap-tahap kesepakatan di masa depan.
Para pengunjuk rasa, mengibarkan bendera Palestina dan tabung gas air mata, ikut serta dalam demonstrasi anti-Israel di dekat Place de la Republique di Paris, pada 11 November 2023. (Foto: dok. AFP/Dimitar Dilkoff)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengatakan pada hari Jumat (8/3) bahwa Hamas harus menyetujui gencatan senjata sementara yang akan memungkinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza dan membuka jalan bagi perundingan mengenai “resolusi abadi” terhadap konflik tersebut.

Kelompok teroris Palestina itu meninggalkan pembicaraan di Kairo yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan untuk menghentikan pertempuran menjelang Ramadhan, di tengah kekhawatiran kekerasan dapat meningkat selama bulan suci umat Islam.

Israel dan Hamas saling menyalahkan atas tidak adanya kesepakatan mengenai kesepakatan yang mengharuskan Hamas membebaskan beberapa sandera yang masih mereka sandera dengan imbalan gencatan senjata selama 40 hari. Beberapa tahanan keamanan Palestina yang ditahan di Israel juga akan dibebaskan.

Blinken, menjelang pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan, mengatakan Washington masih mendorong gencatan senjata. “Masalahnya adalah Hamas. Masalahnya adalah apakah Hamas akan memutuskan atau tidak melakukan gencatan senjata yang akan menguntungkan semua orang,” kata Blinken.

“Bola ada di tangan mereka. Kami sedang mengerjakannya secara intensif, dan kita akan lihat apa yang mereka lakukan,” kata Blinken.

Namun, sayap militer Hamas mengatakan pada hari Jumat (8/3) bahwa tidak akan ada kompromi terhadap tuntutan gerakan tersebut agar Israel mengakhiri perangnya untuk menghancurkan Hamas dan menarik diri sepenuhnya dari Gaza untuk menjamin pembebasan sandera yang ditangkap dalam serangan 7 Oktober.

“Prioritas utama kami untuk mencapai kesepakatan pertukaran tahanan adalah komitmen penuh untuk menghentikan agresi dan penarikan mundur musuh, dan tidak ada kompromi dalam hal ini,” kata Abu Obeida, juru bicara Brigade Ezzedine al-Qassam, dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Pernyataan itu muncul ketika harapan memudarnya gencatan senjata baru dalam perang lima bulan antara Israel dan Hamas yang dipicu oleh serangan teroris Palestina yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober di mana mereka membunuh sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menculik 253 orang. .

Israel menyebut tuntutan Hamas sebagai “delusi” dan berjanji tidak akan mengakhiri perang sampai kemampuan militer dan pemerintahan Hamas dibubarkan. Hamas, yang merebut kekuasaan di Gaza dari partai utama Fatah di Otoritas Palestina pada tahun 2007, jelas berkomitmen untuk menghancurkan Israel.

Pada hari Kamis (7/3), delegasi Hamas menyuarakan ketidakpuasan terhadap tanggapan Israel terhadap tuntutan mereka dan meninggalkan putaran terakhir perundingan di Kairo untuk berkonsultasi dengan pimpinan gerakan tersebut di Qatar.

Abu Obeida pada hari Jumat juga menyerukan “rakyat kami” untuk memobilisasi dan “merangkak” menuju kompleks Masjid Al-Aqsa di Bukit Bait Suci Yerusalem, yang merupakan titik rawan kekerasan selama Ramadhan dalam beberapa tahun terakhir.

Mengutip sumber-sumber Palestina, surat kabar Lebanon, Al-Akhbar, melaporkan pada hari Jumat (8/3) bahwa kegagalan perundingan di Kairo pekan ini disebabkan karena mereka tidak lagi fokus pada proposal Paris yang disepakati oleh AS, Mesir, Qatar dan Israel pada bulan Februari.

Garis besarnya dilaporkan mencakup jeda kemanusiaan dalam tiga fase – dengan 35 hingga 40 sandera Israel, termasuk perempuan, laki-laki berusia di atas 60 tahun, dan mereka yang memiliki kondisi medis serius, dibebaskan selama fase enam pekan pertama. Tentara Israel dan jenazah sandera yang terbunuh akan dibebaskan pada tahap kedua dan ketiga.

Al-Akhbar mengutip sumber yang mengatakan bahwa pembicaraan tersendat karena pembicaraan beralih dari tahap kedua dan ketiga dan hanya terfokus pada tahap pertama.

“Apa yang diusulkan sekarang tidak memenuhi tuntutan minimum (Hamas) atau kebutuhan Jalur Gaza,” kata seorang sumber Palestina sambil mengulangi seruan Hamas untuk gencatan senjata penuh. “Perlu ada komitmen dari Amerika Serikat, Mesir dan Qatar, dalam mewujudkan gencatan senjata yang berkelanjutan, yang mengarah pada gencatan senjata yang komprehensif dan permanen.”

Dipercayai bahwa 130 sandera yang diculik oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober masih berada di Gaza – tidak semuanya hidup – setelah 105 warga sipil dibebaskan dari tawanan Hamas selama gencatan senjata selama seminggu pada akhir November.

Empat sandera telah dibebaskan sebelumnya, dan tiga lainnya diselamatkan oleh pasukan. Jenazah delapan sandera juga telah ditemukan dan tiga sandera dibunuh secara tidak sengaja oleh militer. Satu orang lagi dinyatakan hilang sejak 7 Oktober, dan nasibnya masih belum diketahui. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home