Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:19 WIB | Kamis, 26 Februari 2015

AS Sambut Baik Selandia Baru Bantu Latih Militer Irak

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif (kanan) tiba di bandara yang berlokasi di ibu kota Baghdad, Irak untuk melakukan kunjungan resmi pada 24 Februari 2015. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat menyambut baik keputusan Selandia Baru untuk mengirimkan pasukan ke Irak guna bergabung dengan misi pelatihan nontempur untuk melawan kelompok Negara Islam.

"Sebagai salah satu mitra kami di koalisi, Selandia Baru telah memberikan bantuan substansial bagi Irak dan Suriah," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki, Selasa (24/2).

"Kami menghargai kontribusi dan upaya seluruh mitra dalam misi ini saat kami bekerja sama dalam strategi jangka panjang untuk mengalahkan ISIL," katanya merujuk pada kelompok Negara Islam.

    Perdana Menteri Selandia Baru John Key, mengatakan, Selasa, sekitar 140 prajurit akan mulai melakukan misinya pada Mei setelah adanya permintaan dari pemerintah Irak agar masyarakat internasional membantu meningkatkan kapasitas militernya untuk melawan kelompok ISIL.

Key membahas misi itu akhir tahun lalu, yang telah memicu perdebatan panas di Selandia Baru, dengan seluruh partai oposisi utama menentang ide itu. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home