Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:58 WIB | Rabu, 01 Maret 2023

AS Setuju Jual 600 Rudal Javelin ke Inggris

Rudal anti-tank Javeline ditampilkan di jalur perakitan di pabrik senjata Lockheed Martin di Troy, Alabama, 3 Mei 2022. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat telah menyetujui penjualan 600 rudal Javelin ke Inggris dalam kesepakatan senilai US$125 juta, menurut Pentagon.

Inggris telah meminta untuk membeli hingga 600 rudal Javelin FGM-148F, termasuk 12 rudal fly-to-buy, menurut pernyataan dari Pentagon pada hari Selasa (28/2).

Juga termasuk dalam kesepakatan itu adalah bantuan teknis pemerintah AS dan elemen lain dari logistik dan dukungan program.

"Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat dengan meningkatkan keamanan Sekutu NATO yang merupakan kekuatan untuk stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di Eropa," kata Pentagon.

 Javelin adalah rudal anti-tank buatan AS yang dapat menghancurkan target dari jarak beberapa mil. Ribuan Javelin telah dikirim atau dijanjikan ke Ukraina oleh Washington sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

Rudal ini, yang diluncurkan dari bahu, sejak itu menjadi senjata yang sangat dicari oleh negara lain. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home