Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 21:30 WIB | Sabtu, 04 Oktober 2014

AS Siapkan Ribuan Tentara untuk Misi Ebola

Petugas kesehatan di Liberia mengevakuasi jenazah akibat penyakit Ebola. (Foto: Getty Images/bbc.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Militer Amerika Serikat (AS) memperkirakan akan menambah jumlah tentara yang dikirim ke Liberia untuk memerangi wabah Ebola sebanyak hampir 4.000 tentara, meningkat dari 3,000 personel yang direncanakan, ujar Pentagon pada Jumat (3/10).

Sekitar 200 tentara sudah berada di Liberia dengan mendirikan markas pusat untuk misi AS, yang bertujuan untuk melatih pekerja kesehatan dan membangun fasilitas kesehatan untuk tim bantuan internasional.

Sebelumnya pada bulan ini, Presiden Barack Obama mengumumkan sekitar 3.000 tentara akan dikirim ke Afrika Barat untuk membantu upaya menghadapi Ebola yang mematikan.

Namun Pentagon mengatakan para pejabat berupaya meningkatkan jumlah personel tersebut jika diperlukan.

“Kami memproyeksikan kemungkinan terdapat hampir 4.000 tentara untuk mendukung misi ini, namun kami pastinya mengkaji kebutuhan tersebut berdasarkan basis harian. Tidak mungkin melampaui jumlah tersebut,” kata juru bicara Laksamana Muda John Kirby kepada wartawan.

Dia mengatakan tambahan 1.800 tentara Angkatan Darat AS, termasuk teknisi, pakar kesehatan dan penerbangan, menerima perintah untuk dikirim ke Afrika dalam beberapa pekan mendatang. (AFP)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home