Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 16:58 WIB | Selasa, 16 Juni 2015

AS Tekan Rusia Hormati Gencatan Senjata di Ukraina

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov (kiri) dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry (kanan). (Foto: telegraph.co.uk)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, Senin (15/6), menekan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, untuk memastikan agar Moskow menghormati gencatan senjata di Ukraina wilayah timur, kata Kementerian Luar Negeri AS.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, John Kirby, mengatakan, dalam sebuah pembicaraan melalui telpon dengan Lavrov, Kerry tampak mendesak Rusia memanfaatkan peluang pada pertemuan mendatang yaitu Trilateral Contact Group dan Working Groups guna meningkatkan kemajuan terkait implementasi perjanjian Minsk yang ditandatangani Februari lalu.

Moskow membantah telah memberikan dukungan terhadap serangan pemberontak dalam bentuk apa pun. Namun, pihaknya telah menyepakati ketentuan bahwa pada akhir tahun akan memberikan Kiev kontrol atas wilayah perbatasan Rusia-Ukraina sepanjang 400 kilometer yang diduga telah digunakan pemberontak untuk menyelundupkan senjata dan tank.

Serangan yang berlangsung selama 14 bulan tersebut telah merenggut hampir 6.500 nyawa hingga saat ini.

Selain Ukraina, kedua diplomat tinggi tersebut juga membahas tentang Suriah, Iran, Yaman dan Dewan Arktik,” tambah Kirby.(AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home