Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 13:08 WIB | Selasa, 09 Juni 2015

Presiden Rusia akan Bertemu Paus Fransiskus

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: wsj.com/AP)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu Paus Fransiskus pada Rabu (10/6), untuk membahas tentang peran Rusia dalam konflik Ukraina.

Kunjungan itu, menurut konfirmasi Kepala Juru Bicara Takhta Suci Federico Lombardi, akan menjadi pertemuan kedua Putin dengan Paus. Kedua pemimpin itu sebelumnya pernah bertemu di Vatikan pada November 2013.

Rusia mencaplok Krimea tahun lalu dan dituduh mengobarkan perang yang sedang berlangsung di Ukraina bagian timur.

Paus sebelumnya telah menyatakan keprihatinan atas konflik. Dalam sebuah pesan Paskah ia berharap Ukraina menemukan kembali perdamaian dan harapan berkat komitmen semua pihak yang berkepentingan.

Namun Paus Fransiskus tidak secara khusus menyebutkan Rusia telah menyebabkan kekecewaan di kalangan umat Katolik Ukraina dan dugaan mengenai apakah Paus akan mengangkat masalah dengan Putin dalam pertemuan pribadi mereka.

Kedua pemimpin juga bisa kembali membahas topik sebelumnya mengenai perang Suriah. Paus berulang kali menyoroti Kremlin yang telah memainkan peran penting dalam perang.

Menurut catatan USA Today, sebelumnya tidak ada paus yang pernah mengunjungi Rusia, sebagian karena kekhawatiran Rusia atas daya tarik publik terhadap Paus dan juga karena ketegangan lama antara Roma Katolik dan Gereja Ortodoks Rusia, yang di bawah Putin telah dibawa kembali sebagai kebanggaan nasionalis.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home