Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 15:06 WIB | Kamis, 25 Juni 2015

AS Tetapkan Militan Senior Taliban sebagai "Teroris Global Khusus"

Personel keamanan Pakistan memeriksa sebuah masjid Syiah setelah serangan dari militan Taliban di Peshawar pada 13 Februari 2015. Militan Taliban menyerang masjid Syiah di Pakistan barat laut, ujar polisi, menewaskan 18 orang. (Foto: AFP/A MAJEED)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Keuangan AS, Rabu (24/6), menetapkan pejabat senior Taliban, Maulawi Abdul Rashid Baluch, sebaga “Teroris Global Khusus”. Status ini sekaligus membekukan semua aset yang dimiliki Baluch di AS dan melarang warga Amerika melakukan transaksi dengannya.

Pihak kementerian mengatakan, Baluch telah menjadi gubernur bayangan Taliban dari provinsi Nimroz, barat daya Afghanistan. Ia membantu mengatur bom dan mengerahkan pelaku bom bunuh diri untuk menyerang pasukan koalisi dan pemerintah Afghanistan.

Baluch membantu dalam hal logistik dan penyokong keuangan sejak 2007 hingga Juli 2014 sebelum ditangkap oleh pasukan keamanan Afghanistan.

"Keputusan tersebut menyoroti hubungan Taliban dengan al-Qaeda di Pakistan yang telah mengganggu stabilitas di Afghanistan serta berupaya melemahkan kepentingan AS juga membahayakan personel AS di Afghanistan," ujar Wakil Menteri Terorisme dan Keuangan Intelijen AS, Adam Szubin, Rabu (24/6).

Pada 2013, Baluch ikut andil dalam peletakan alat peledak improvisasi (IED) yang menewaskan seorang prajurit AS di Provinsi Nimruz. Ia juga mengerahkan pelaku bom bunuh diri demi melancarkan serangan IED tersebut untuk melawan pemerintah Afghanistan.

Ia juga diduga menggalang dana untuk Taliban dengan memberikan perlindungan bagi para pelaku pelaku teroris dan pedagang narkotika. (AFP/sputniknew.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home