Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:28 WIB | Senin, 08 Mei 2023

Atasi Penyusutan Sungai Tigris dan Efrat, Irak Meminta Bantuan Internasional

Nelayan Irak berjalan di sungai Tigris saat menyaksikan penurunan tajam permukaan air di Amara, Irak, pada 1 Maret 2023. (Foto: dok. Reuters)

BAGHDAD, SATUHARAPAHN.COM-Irak sedang mencari bantuan internasional yang mendesak untuk mencegah sungai Tigris dan sungai Efrat menyusut akibat perubahan iklim. Perdana Menteri Irak, Mohammed Shia Al-Sudani, mengatakan pada sebuah acara di Baghdad.

“Menyelamatkan Tigris dan Efrat membutuhkan intervensi internasional yang mendesak,” kata Al-Sudani. “Kami membutuhkan upaya semua teman di negara dan organisasi untuk membantu Irak di masa kritis dalam sejarah dua sungai besarnya ini.”

Al-Sudani mengatakan pemerintahnya telah menyusun strategi iklim hingga 2030 yang akan mencakup penangkapan gas untuk mengurangi kerusakan lingkungan, memberi insentif kepada petani yang menggunakan teknologi irigasi modern, dan memanfaatkan energi terbarukan. Pemerintah membentuk dewan yang akan menyusun strategi untuk menjaga keamanan air.

Pemerintah juga merencanakan proyek desalinasi air laut untuk mengatasi kekurangan pasokan dari dua sungai besar tersebut.

Pada bulan Maret, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan negaranya akan meningkatkan jumlah air yang diambil dari bagian sungai Tigris selama sebulan untuk mengurangi kesulitan air di Irak. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home