Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 09:22 WIB | Rabu, 05 April 2023

Australia Perpanjang Daftar Negara Larang Aplikasi TikTok

Halaman pendaftaran aplikasi TikTok ditampilkan di ponsel di depan layar dengan logo perusahaan di Sydney, Selasa, 4 April 2023. Australia menjadi mitra keamanan “Five Eyes” terakhir yang melarang TikTok, aplikasi milik China dari perangkat pemerintah. (Foto: AP/Rick Rycroft)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM-Australia telah menjadi mitra keamanan "Five Eyes" terakhir yang melarang aplikasi berbagi video TikTok milik China dari perangkat pemerintah federal.

Jaksa Agung Mark Dreyfus mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Selasa (4/4) bahwa berdasarkan saran badan intelijen dan keamanan, larangan itu akan mulai berlaku "secepat mungkin."

Apa yang disebut mitra berbagi intelijen “Five Eyes”, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Selandia Baru, telah mengambil langkah serupa.

TikTok keberatan dengan keputusan tersebut. "Kami sangat kecewa dengan keputusan ini, yang dalam pandangan kami didorong oleh politik, bukan fakta," kata manajer umum perusahaan untuk Australia, Lee Hunter, dalam sebuah pernyataan.

“Sekali lagi, kami menekankan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa TikTok merupakan risiko keamanan bagi warga Australia dan tidak boleh diperlakukan berbeda dengan platform media sosial lainnya.”

Dia mendesak pemerintah Australia untuk memperlakukan semua bisnis secara adil, “terlepas dari negara asalnya.”

Pemerintah Barat khawatir TikTok menimbulkan risiko keamanan siber dan privasi data, dan bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mempromosikan narasi pro Beijing dan informasi yang salah.

TikTok dimiliki oleh perusahaan teknologi China, Bytedance, dan telah lama menyatakan tidak membagikan data dengan pemerintah China. Itu sedang melakukan proyek untuk menyimpan data pengguna AS di server Oracle, yang katanya akan membuat informasi itu berada di luar jangkauan China.

Perusahaan membantah tuduhan bahwa mereka mengumpulkan lebih banyak data pengguna daripada perusahaan media sosial lainnya, dan bersikeras bahwa itu dijalankan secara independen oleh manajemennya sendiri.

Parlemen Eropa, Komisi Eropa, dan Dewan Uni Eropa, tiga lembaga utama blok beranggotakan 27 orang, juga telah memberlakukan larangan TikTok pada perangkat staf. Di bawah larangan Parlemen Eropa, yang mulai berlaku bulan lalu, anggota parlemen dan staf juga disarankan untuk menghapus aplikasi TikTok dari perangkat pribadi mereka.

India memberlakukan larangan nasional terhadap TikTok dan lusinan aplikasi China lainnya, termasuk aplikasi perpesanan WeChat, pada tahun 2020 karena masalah privasi dan keamanan. Larangan itu datang tak lama setelah bentrokan antara pasukan India dan China di perbatasan Himalaya yang disengketakan menewaskan 20 tentara India dan melukai puluhan lainnya.

Pada awal Maret, AS memberi waktu 30 hari kepada lembaga pemerintah untuk menghapus TikTok dari perangkat dan sistem federal. Larangan hanya berlaku untuk perangkat pemerintah, meskipun beberapa anggota parlemen AS menganjurkan larangan langsung.

China mengecam AS karena melarang TikTok, dengan mengatakan itu adalah penyalahgunaan kekuasaan negara dan menekan perusahaan dari negara lain.

Lebih dari setengah dari 50 negara bagian AS juga telah melarang aplikasi tersebut dari perangkat resmi, seperti halnya Kongres dan angkatan bersenjata AS. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home