Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 14:25 WIB | Minggu, 10 November 2013

Badan Litbang Pertanian: Pelaku Inovasi Teknologi Pertanian

Sejumlah publikasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. (Foto Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbang Pertanian) yang berada di bawah Kementerian Pertanian memiliki sejumlah publikasi yang dihasilkan para peneliti mereka. seperti brosur, buku, jurnal, leaflet, hingga video pertanian. Leaflet merupakan media paling tepat untuk petani. Karena isi leaflet biasanya teknologi terapan. Hal ini disampaikan staf informasi Badan Litbang Pertanian ketika diwawancara di acara Indonesia Book Fair di Istora Senayan Jakarta.

Dijelaskan bahwa Badan Litbang Pertanian fokus pada persoalan penelitian dan pengembangan pertanian.  Hal-hal yang menjadi fokusnya antara lain tentang tanaman pangan, perkebunan,  peternakan, sumber daya lahan, masa panen tanaman, hingga sumber daya genetik.

Biasanya penelitian dilakukan dengan memperhatikan tren teknologi yang ada. Hasil dari penelitian itu kemudian diadopsi para penyuluh pertanian untuk disebarkan kepada para petani.

Pameran di Istora Senayan Jakarta dari Sabtu (2/11) hingga Minggu (10/11) merupakan sebuah media promosi Badan Litbang Pertanian. Melalui stand di acara Indonesia Book Fair itu juga Badan Litbang Pertanian berharap para pengambil kebijakan, pengguna, pebisnis lainnya juga bisa memanfaatkan teknologi dihasilkan Badan Litbang Pertanian.

Regenerasi Petani

Badan Litbang Pertanian juga memiliki perhatian untuk meregenerasi petani. Ini merupakan sebuah upaya untuk mengenalkan dunia pertanian sedini mungkin mulai dari tingkat anak-anak.

Badan Litbang Pertanian mulai tahun 2013 menerbitkan sejumlah komik pertanian. Selain itu pada 31 Oktober sampai 2 November lalu juga melaksanakan Hari Kunjung ke Perpustakaan di kantor pusatnya Bogor. Kegiatan itu dalam rangka menggiring anak-anak gemar membaca dan mencintai dunia pertanian di melalui momen-momen kunjungan ke perpustakaan. Turut pula dihadirkan para pendongeng yang menggugah anak-anak sedini mungkin untuk mengenal dan mencintai dunia pertanian.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home