Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 23:12 WIB | Minggu, 04 Agustus 2013

Ban Ki Moon Apresiasi Pemilu Zimbabwe

Ban Ki Moon (foto:un.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris-Jenderal PBB Ban Ki-moon memberi apresiasi terhadap rakyat Zimbabwe pada pemilu tertib dan mendesak mereka untuk tetap tenang selama penghitungan suara dan seluruh penyelesaian proses pemilihan. Hal ini dia katakan dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan laman resmi PBB pada Jumat (31/8). 

“Sekretaris Jenderal memuji rakyat Zimbabwe untuk hari pemilu damai dan luas untuk melaksanakan hak-hak demokratis mereka," kata juru bicara Ban Ki Moon dalam sebuah pernyataan tentang jajak pendapat, yang diselenggarakan pada tanggal 31 Juli di ibukota negara itu.

Ban mengingatkan bahwa ada beberapa komitmen yang harus dipatuhi, komitmen tersebut dirancang oleh presiden petahana Robert Mugabe, yang telah berkuasa selama 33 tahun, dan Perdana Menteri Morgan Tsvangirai, serta partai politik lainnya, salah satu komitmen tersebut yakni menjalankan proses pemilu yang damai, dan memastikan mereka untuk mengirim pesan yang jelas ketenangan bagi para pendukung masing-masing.

Ban menambahkan bahwa jangan sampai ada pihak-pihak yang menghembuskan isu tertentu dari proses pemilu, sehingga pemilu harus diupayakan melalui saluran mapan.

"Keprihatinan ini kemudian harus dipertimbangkan secara transparan dan adil, yang paling penting adalah bahwa kehendak rakyat Zimbabwe dihormati,” ujar juru bicara PBB.

Sekjen PBB juga mendorong kepemimpinan negara untuk memerintah secara bertanggung jawab dan inklusif. Dalam pernyataan itu, ia juga mendorong kepemimpinan Zimbabwe saat ini untuk mengejar kebijakan dan reformasi yang dapat berfungsi untuk memperdalam pemerintahan yang demokratis dan juga memacu pemulihan ekonomi yang akan menguntungkan semua pihak di Zimbabwe. (un.org)

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home